Mohon tunggu...
Khansa Mufida
Khansa Mufida Mohon Tunggu... Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Jurusan PIAUD

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Berebeda Beda tetapi Tetap Satu Jua! (Bhinneka Tunggal Ika)

8 Maret 2020   22:03 Diperbarui: 8 Maret 2020   21:58 169 0 0 Mohon Tunggu...

Bhineka Tunggal Ika semboyan bangsa kita 'Indonesia' yang berarti berbeda beda tetapi tetap satu, negara kita memiliki banyak suku bangsa, ras, agama dan bahasa yang berbeda. indonesia negara kepualuan yang memiliki banyak pulau, penduduk  dan memiliki banyak budaya. perbedaan itulah yang merupakan identitas nasional negara kita. 

identitas nasional berasal dari kata "identity" dan "nation", kata identity yang berarti ciri khas atau jati diri dan kata nation yang berarti bangsa. identitas nasional merupakan ciri khas atau jati diri suatu bangsa, jadi identitas nasional adalah sekumpulan nilai budaya yang tumbuh pada bermacam macam aspek kehidupan, baik dari banyak suku, budaya, ras, agama, bahasa yang dihimpun menjadi satu kesatuan, itulah kenapa semboyan negara kita Bhineka Tunggal ika frasa ini diambil dari bahasa jawa kuno. Bhineka Tunggal Ika memiliki makna walaupun negara kita memiliki perbedaan suku, bangsa, budaya, bahasa, agama, ras dan lain sebagainya tetapi tetap satu kesatuan sebangsa setanah air. perbedaan ini disatukan dengan Bendera negara Indonesia yaitu merah putih, lagu kebangsaan Indonesia Raya, Bahasa pemersatu yaitu Bahasa Indonesia dan lain sebagainya. 

jumlah suku bangsa yang ada di Indonesia sekitar lebih dari 300 suku bangsa atau tepatnya 1.340 suku bangsa menurut sensus BPS pada tahun 2010. Suku bangsa di Indonesia meliputi Suku Jawa yang kebanyakan Suku ini tinggal di pulau Jawa terutama di Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta lalu di jawa barat ada Suku Sunda ada suku Betawi, Suku Baduy, Suku Banten dan lain lain yang merupakan bagian dari Suku Sunda. ada Suku dari Sumatera yaitu suku batak, Minangkabau, suku melayu, Suku dari Kalimantan yaitu Suku Dayak. 

Indonesia memiliki Banyak Bahasa yang berbeda beda, Jumlah Bahasa yang ada di Indonesia adalah 748 bahasa tetapi yang paling sering digunakan di kehidupan sehari hari ada 12 bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Madura, Bahasa Minangkabau, Bahasa Batak, Bahasa Bugis, Bahasa Aceh, Bahasa Bali, Bahasa Melayu, Bahasa Banjar, Bahasa Poso-Pamona. 

Agama merupakan salah satu unsur Identitas Nasional, Indonesia dikenal dengan negara yang agamis terdapat pada dasar negara indonesia yaitu Pancasila pada sila pertama yang berbunyi "Ketuhanan Yang Maha Esa" sila ini menggambarkan Indonesia menjunjung tinggi nilai ketuhanan dan keagamaan. di Indonesia terdapat 6 agama yang meliputi Islam agama yang mayoritas dipeluk oleh Penduduk Indonesia, lalu ada Kristen, Katolik, Tiong Hoa, Budha dan Hindu. 

  

VIDEO PILIHAN