Mohon tunggu...
Khalifatul Hakim
Khalifatul Hakim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sedang menjalani proses pendidikan

Kalo bisa sekarang kenapa harus nanti

Selanjutnya

Tutup

Atletik

Pencak Silat Olahraga Asli Indonesia yang Go Internasional

26 Juli 2021   00:27 Diperbarui: 26 Juli 2021   01:30 696 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://indonesia.go.id

Pencak silat  adalah jenis olahraga bela diri tradisional asli Indonesia pencak silat  juga merupakan budaya asli Indonesia yang telah menunjukan taringnya di kancah internasional. Pencak silat  sudah ada sejak abad ke VII Yang diketahui mulai muncul di provinsi riau pada jaman kerajaan sri wijaya sedangkan  organisasi resmi nya baru dibentuk pada 19 Mei 1948 dengan nama ikatan pencak silat  Indonesia (IPSI).

Awal keberadaannya pencak silat  berdiri dengan nama perguruan persaudaraan setia hati (PSH) pada 1903 lalu berkembang menjadi persaudaraan setia hati terate pada 1922. Sedangkan dalam legenda lain juga mengatakan bahwa pencak silat  pertama kali ditemukan di lereng gunung marapi (minangkabau) oleh datuk suri diraja. Pencak silat  terus berkembang hingga hari ini dan sudah menjadi ajang olahraga atletik bergengsi di kancah internasional saking besarnya nama pencak silat  di Indonesia pada tahun 2017 lahir mahakarya anak indonesia sebuah film tentang olahraga ini yang berjudul "surau basilek" yang disutradarai oleh Arif Malinmundo film ini berlatar belakang budaya minangkabau dan berbahasa minang beberapa actor yang ikut andil dalam film ini antara lain Muhammad Razi, Gilang Dirga, Bima Josuant dan lainnya.

Hingga hari ini sudah ada 840 perguruan pencak silat  yang berada dibawah naungan IPSI bahkan beberapa sudah ada yang berkembang di luar negeri seperti Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), ikatan keluarga silat  putera Indonesia kera sakti (IKS.PI kera sakti), persaudaraan setia hati winongo (PSHW), pagar nusa perisai diri dan merpati putih.

Pencak silat  benar-benar membawa nama indonesia dengan baik ke mata dunia ada begitu banyak prestasi yang diraih Indonesia melalui pencak silatSalah satunya . Seni bela diri tradisional ini berhasil meraih juara umum pada gelaran Asian Games 2018. Dengan membawa 14 medali emas namapencak silatkiann dikenal khalayak dunia.

M. Khalifatul Hakim, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Atletik Selengkapnya
Lihat Atletik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan