Susu Mbok Darmi adalah sebuah brand minuman susu segar yang dirintis sejak tahun 2013 oleh Dhony Pratama, saat menjadi mahasiswa Fakultas Peternakan IPB. Awalnya hanya sebuah gerobak kecil di kantin kampus, kini Susu Mbok Darmi berkembang menjadi bisnis berskala nasional di bawah PT Sumoda Tama Berkah. Produk ini memiliki konsep lokalitas menawarkan minuman susu segar yang diproses secara pasteurisasi, mempertahankan nutrisi alaminya. Mengusung tagline "Sehatkan Tubuhmu dengan Susuku", brand ini sukses menciptakan kedekatan emosional dengan konsumen, terutama kalangan muda.
Legalitas yang Terjamin
Susu Mbok Darmi menunjukkan keseriusan dalam aspek hukum. Dimulai sebagai usaha perorangan, yang didirikan oleh Dhony Pratama. Selain itu, produk telah mengantongi sertifikat halal dari MUI, serta menjalin kerja sama dengan pihak lain melalui akta notaris.Â
“Semua perjanjian itu tercatat dengan baik karena kami lakukan di notaris, meskipun pihak yang diajak kerjasama memang sudah kita kenal baik."ungkap Dhony selaku pendiri usaha. Hal ini menunjukkan bahwa aspek legal dan kepercayaan konsumen telah menjadi prioritas mereka.
Produksi Modern, Cita Rasa Tradisional
Dari sisi produksi, Susu Mbok Darmi memanfaatkan bahan baku 100% dari peternak lokal dan mengolahnya dengan metode pasteurisasi suhu rendah agar gizi tetap terjaga. Dengan kapasitas produksi mencapai 2.000 liter per hari dan lebih dari 100.000 cup terjual setiap bulan, sistem produksi menunjukkan efisiensi tinggi. Jaringan distribusinya juga semakin meluas dengan lebih dari 127 outlet di Jabodetabek dan Bandung.
Pemasaran dan Strategi Digital
Brand Susu Mbok Darmi ini menyasar generasi muda berusia 15-35 tahun yang peduli pada gaya hidup sehat dan produk lokal. Awalnya hanya menyasar mahasiswa, di mana outlet pertama berdiri. Strategi promosi difokuskan melalui media sosial seperti TikTok, Instagram, website resmi Susu Mbok Darmi, serta kerja sama dengan layanan pesan antar makanan. Susu Mbok Darmi menyapa pelanggan mereka sebagai "Cucu si Mbok", ini memperkuat kedekatan antara usaha dan konsumen.
Bisnis Mandiri dan Tumbuh Stabil
Susu Mbok Darmi memiliki finansial yang terukur. Bisnis ini memulai usahanya dengan modal awal yang sangat minim, yakni sekitar Rp 1,4 juta. Dana tersebut dialokasikan untuk keperluan pembelian bahan baku, serta perlengkapan produksi. Dengan modal  yang rendah pada tahap awal, Susu Mbok Darmi memiliki omzet antara Rp 800 juta hingga Rp 1 miliar per bulan  setelah lima tahun berdirinya. Adanya sistem keuangan yang terukur memungkinkan bisnis Susu Mbok Darmi tetap fokus pada ekspansi dan peningkatan kualitas produk.Â
Manajemen yang TerstrukturÂ
Bisnis ini memiliki struktur organisasi yang dipimpin langsung oleh pendirinya dan melibatkan tim operasional yang mengelola produksi, distribusi, hingga pemasaran. Dalam menjalani bisnis, Susu Mbok Darmi mengutamakan pelayanan yang ramah untuk konsumen mereka. Kepemimpinan yang kuat dan visi jangka panjang menjadi brand minuman susu pasteurisasi terbaik dan terbesar di Indonesia merupakan keunggulan utama dalam pengelolaan bisnis ini.
Sosial dan Kampanye
Dalam segi sosial, Susu Mbok Darmi tidak hanya berfokus pada keuntungan, namun juga berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan peternak sapi lokal. Melalui kampanye "Jadi Lebih Baik", brand ini aktif mengedukasi konsumen tentang pentingnya gaya hidup sehat dengan mengurangi konsumsi gula yang tinggi. Kampanye ini mencerminkan kepedulian Susu Mbok Darmi dalam memberikan dampak positif mendorong pola konsumsi yang lebih sehat.
Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan
Susu Mbok Darmi juga menunjukkan kepedulian dengan menggunakan bahan baku dari peternakan lokal sehingga meminimalisir jejak karbon transportasi. Selain itu, Â penggunaan kemasan besar mereka sudah ramah lingkungan untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan usaha.
Dengan hukum yang kuat, sistem produksi yang terjamin, pemasaran yang relevan dengan pasar, serta keuangan yang sehat, Susu Mbok Darmi menjadi brand lokal yang makin berkembang. Komitmen dalam menjaga kualitas dan kedekatan dengan pelanggan menjadi keberhasilan usaha ini.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI