Mohon tunggu...
Khairunnisa
Khairunnisa Mohon Tunggu... Freelancer - Writer

Penulis lepas

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Pentingnya Branding dan Desain Kemasan bagi UKM

21 Desember 2023   11:43 Diperbarui: 21 Desember 2023   11:51 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banyak pebisnis usaha UKM yang bingung dengan istilah brand. mungkin berpikir bahwa hanya perusahaan besar saja peduli pada eksistensi sebuah brand. Namun nyatanya tak begitu usaha kecil dan menengah perlu untuk membenahi brand mereka.

Dengan pentingnya branding dan kemasan untuk produk usaha kecil maka brand Mu akan lebih dikenal untuk masyarakat luas. Bagaimanapun branding dan kemasan pada produk usaha kecil menengah lebih dari sekedar menciptakan tagline dan logo.

Alasan pentingnya branding dan kemasan untuk UKM

Branding dan kemasan membuat brand lebih dikenal

Branding dan kemasan membuat brand Mu lebih kuat dan tentunya menciptakan interaksi bagi klien. Brand merupakan kunci utama untuk pembelian karena orang lebih loyal kepada brand. Brand yang kuat saat ini haruslah unik agar lebih diingat orang. Brand yang kuat tak perlu berusaha lebih dikarenakan mereka sudah memenangkan kompetisi terhadap target market.

Branding dan Kemasan Menarik Perhatian Customer    

Branding dan kemasan pada produk usaha kecil menengah lebih menarik perhatian customer. Bayangkan produk yang dikemas dengan menarik di sebuah toko maka tentunya akan lebih menarik perhatian customer. Branding pada sebuah produk akan menunjukkan profesionalitas dan kualitas produk Mu. Branding pada produk bisa menggunakan print ad yang tentunya mengedepankan desain sebagai senjata utama. Banyak perusahaan yang mengadakan penelitian mengenai skema warna, desain dan tipe dari kemasan produk yang paling menarik untuk customer. Tak dipungkiri lagi desain yang menarik pada kemasan produk memang membuat customer memilih brand atau produk Mu.

Branding dan Kemasan Memfasilitasi Keputusan Pembelian

Branding serta packaging membantu memfasilitasi keputusan sebuah pembelian. Branding serta packaging yang menarik membuat customer potensial tertarik untuk membeli produk Mu. Packaging pada produk juga memuat informasi mengenai produk Mu. Informasi ini biasanya juga turut memfasilitasi keputusan pembelian pada customer.

Branding dan Kemasan Memainkan Peranan Penting Dalam Promosi    

Branding dan Kemasan Memainkan Peranan Penting dalam memberikan informasi terhadap sebuah produk. Intinya branding dan kemasan berperan amat besar terhadap promosi sebuah produk. Bagaimana jadinya sebuah produk jika tak dikemas dengan baik serta tak dilakukan strategi apapun untuk mempromosikannya. Hal ini tentunya amat berpengaruh besar pada kesuksesan produk Mu. Promosi yang baik melalui strategi branding dan kemasan akan mengarahkan produk Mu pada kesuksesan secara penjualan.

Branding dan Kemasan Membuat Produk Berbeda Dengan Produk Lain

Strategi branding dan kemasan membuat sebuah produk berbeda dengan produk lainnya. Strategi branding sendiri meliputi banyak hal seperti misalnya membuat desain website yang bagus, desain brosur atau flyer, branding pada interior ruang usaha atau branding pada desain kartu nama. Desain branding dan kemasan yang bagus, menarik dan eye catching akan membuat produk atau brand Mu berbeda di tengah kompetisi produk lainnya. Kemasan serta branding yang menarik akan membuat customer mampu mengidentifikasi brand Mu ditengah kompetisi dengan produk lainnya.

Setelah menyimak pentingnya branding dan desain kemasan bagi sebuah brand apakah bisa menginspirasi kamu?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun