Mohon tunggu...
ngereng kok
ngereng kok Mohon Tunggu... Freelancer - Pencari ilmu

Pemuda suka pengembaramencari ilmu

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Inkubator Bisnis Harapan Bangsa Menuju Arah Kemajuan

24 Oktober 2021   20:13 Diperbarui: 24 Oktober 2021   20:18 36 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Disclaimer: tulisan ini benar-benar tulisan asli/original saya dan tidak melakukan plagiasi. Saya bertanggungjawab secara hukum jika kemudian hari tejadi masalah.

Keaktifan pemuda melaui gerakan kewirausahaan sosial patut kita acungi jempol, mengingat langkah ini sebagai aksi eksistensi dari pemuda dalam membangun NKRI terlebih di level grassroots.

Jadi ingat kata funding father Soekarno (Bung Karno) yang menyatakan bahwa "Gotong royong adalah pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama, perjuangan bantu-membantu bersama. Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua."

Semagat kewirausahaan harus terus dikobarkan, sudah saatnya kita menciptaan peluang kerja bukan cari kerja. 

Semangat ini tercermin oleh PB HMI yang meluncurkan Pusat Inkubator Bisnis Kader Wirausaha se-Indonesia. Ini sungguh menjadi terobosan untuk kemajuan dan menyongsong Indonesia emas 2045.

Indonesia Emas diproyeksikan pada 100 tahun kemerdekaan negara Indonesia pada 2045. Ini adalah cita-cita, impian besar untuk mencapai Indonesia sebagai bangsa yang maju, mampu bersaing dengan bangsa lain serta dapat menyelesaikan masalah-masalah yang mendasar di Tanah Air, seperti isu pendidikan, korupsi, kemiskinan permasalahan remaja. Jawaban atas terwujud atau tidaknya impian itu berada pada kualitas sumber daya manusianya, terutama pemuda, remaja. Semangat harus terus kita kobarkan, tidak kenal kata redup.  

Selaras dengan hal tersebut, Stafsus Presiden Papua Billy Mambrasar saat Peluncuran inkubator bisnis oleh PB HMI yang diselenggarakan secara hybrid dari Auditorium Lantai 2 Kementerian Koperasi dan UKM menjelaskan bahwa semangat yang sama berfikir untuk kemajuan dan masa depan bangsa, menciptakan kader-kader terbaik untuk menjadi seorang wirausaha sosial. Inkubasi bisnis ini juga sebagai activism yang baru berbasis kewirausahaan merupakan wujud keadilan sosial.

Putera asli Papua ini juga berharap berharap inkubasi bisnis seperti ini dapat dilakukan juga oleh oraganisasi gerakan mahasiswa lainnya, sehingga bonus demografi dapat menjadi manfaat besar bagi bangsa Indonesia di tahun 2030 nanti.

Untuk diketahui Billy Mambrasar secara aktif dan masif mendorong pusat inkubasi bisnis yang melibatkan anak muda di dalamnya. Beberapa di antaranya adalah Inkubasi Bisnis di perguruan tinggi Universitas Teuku Umar, Meulaboh - Aceh, Politeknik Negeri Fakfak - Papua Barat dan Universitas Panca Bhakti Pontianak - Kalimantan Barat. Juga paling terbaru adalah berperan dalam pembentukan Papua Youth Creativity Hub.

Mari terus asah kemampuan kita sebagai generasi bangsa, sehinggan nantinya akan menjadi Bung Karno Bung Karno zaman now yang terus menomor satukan kepentingan bansa dan negera di atas segalanya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan