Mohon tunggu...
Khairil Fajrin
Khairil Fajrin Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Penulis yang menuliskan apa pun yang ada di dalam pikirannya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tips Membuat Rangkuman yang Efektif, Buat Kamu yang Suka Bingung Mau Baca Banyak Materi Saat Ujian

8 Agustus 2022   21:13 Diperbarui: 8 Agustus 2022   21:21 906
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tips Membuat Rangkuman yang Efektif, Buat Kamu yang Suka Bingung Mau Baca Banyak Materi Saat Ujian

Suatu hari yang cerah, di hari Senin yang lumayan sibuk dengan berbagai tugas dan pekerjaan yang menumpuk, Aji bertopang dagu sambil melamun di depan laptop di meja kerjanya. Melihat kesempatan itu, Tino mencoba untuk mengagetkan Aji dari lamunannya.

"Oii! Lagi apa Lu? Ngelamun mulu?" Tanya Tino kepada Aji

"Eh kampret, ngagetin aja kau!" jawab Aji dengan logat Medan-nya

"Salah sendiri Lu ngelamun. Ngelamunin apa sih Lu?" Tanya Tino lagi

"Kau nanya mau bantu atau cuma mau tau aja nii?!" jawab Aji

"Galak banget sih Lu, yaudah cerita lah.. mana tau gue bisa bantu" kata Tino

"Aku kan udah kursus kemarin, kursus bahasa Inggris untuk karyawan itu lho.. Nah materinya kan banyak tuh, trus minggu depan ada tes akhir pulak, istilahnya post test atau apalah aku lupa, yang jadi masalah sekarang: dari manalah ku baca materinya ya, biar dapat nilai yg bagus nanti. Kalo nilaiku gak bagus gak dapat promosi aku ke kepala bagian. Makanya inilah pusing kali aku. Kau bisa bantuin aku gak ni??" jelas Aji tegas

"Ya elah gitu aja kok repot! Tapi gak mau ahh gue bantu, nada Lu rese gitu. Coba tadi Lu minta tolongnya lebih halus, pasti gue bantu" timpal Tino mulai iseng.

"Yaudah Tino, kau bantulah aku kenapa. Pusing kali aku baca materi gini banyak, gimana caranya aku bisa nguasai semua materi untuk post testnya nanti.." kata Aji memohon sambil mengeluarkan materi bahasa Inggris yang sudah dia salin selama kursus bahasa Inggris.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun