Mohon tunggu...
Khairil Razali
Khairil Razali Mohon Tunggu... Explorer

Ngampus di UIN Ar-Raniry Banda Aceh, suka travelling.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Penjelajahan Hutan Gayo, Seru!

14 Maret 2019   22:01 Diperbarui: 25 Maret 2019   14:32 87 2 1 Mohon Tunggu...

2018 memberi satu pengalaman yang sangat terpatri bagi penulis dan sejumlah teman-teman tim offroad bertitle "Family Gathering IOF" menjelajahi hutan Takengon, Aceh Tengah.

Agenda yang semula hanya di rencanakan untuk 4 hari namun berubah menjadi lebih dari 10 hari. Pengalaman para penghobi mobil 4x4 benar-benar memberi banyak pengalaman dan tantangan bagi peserta. 

Hutan lindung Takengon masih mampu memberikan pelajaran penting bagi penikmat mobil ekstrem 4x4. Tema offroad dengan tantangan lintasan yang ganas menguji ketangguhan kenderaan dan para personilnya.

Persiapan yang awalnya hanya untuk 4 hari, terbalik menjadi 12 hari, jauh di luar perkiraan semua peserta dan panitia. Tawaran lumpur dan tanjakan memberi ujian pentin bagi seluruh kenderaan.

dokpri
dokpri
Kerjasama antar unit menjadi satu kunci yang sangat penting agar bisa keluar dari tantangan yang menyulitkan. Lumpur dan jurang-jurang yang curam terkombinasi dengan lumpur yang legit, mampu meruntuhkan sejumlah kenderaan dan semangat peserta.

Sejumlah kenderaan yang tidak mampu menerobos beratnya lintasan tanah gayo ini membuktikan alami dan bejatnya lintasan tersaji. Lintasan yang berada dalam hutan yang masih sangat alami, memberi tambahan kesulitan bagi kenderaan-kendaraan 4x4. 

dokpri
dokpri
Di sejumlah titik, track di jebak dengan sumber mata air yang terus mengalir dan melicinkan jalan-jalan yang telah "digodok" oleh ban-ban kenderaan yang berukuran besar yang kemudian menjadi medan lumpur yang tidak ada habisnya.

Akhirnya, kenderaan-kenderaan terserap dan terjebak tanpa mampu bergerak. Kenderaan sekaliber Land Rover Defender atau Land Cruiser begitu kepayahan untuk menembus medan-medan lumpur dan tanjakan-tanjakan yang teracik bersama lumpur.

dokpri
dokpri
Jangkauan yang berjarak sekitar 40km kemudian menjadi sangat berat dikarenakan sajian lintasan yang berlumpur dan licin. Namun, berada di tengah hutan yang masih sangat alami selama berhari-hari, memberi kejutan pengalaman dan penyesuaian diri.

Walau demikian, dukungan panitia sangat baik kepada para peserta sehingga peserta menikmati jelajahan yang diluar target. 

Hutan Takengon begitu berkesan dan memberi banyak pelajaran positif dan negatif bagi pecinta offroad. Bahwa alam menguji ketangguhan dan kesabaran siapapun yang berkunjung dan ingin menikmatinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN