Mohon tunggu...
Khaerunnisa
Khaerunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Penguatan dan pendampingan pembelajaran di SDN Bojong Menteng

1 Agustus 2021   06:34 Diperbarui: 1 Agustus 2021   18:33 51 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penguatan dan pendampingan pembelajaran di SDN Bojong Menteng
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mendengar kata Covid_19 pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita, apalagi dampak adanya virus tersebut yang sangat mengkhawatirkan, bukan hanya pada sektor kesehatan, akan tetapi pada sektor perekonomian dan juga pendidikan. 

Oleh karena itu seorang mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia Daerah Serang yaitu Khaerunnisa semester 6 jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) melaksanakan KKN di SDN Bojong Menteng, Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang. 

Dalam program KKN Tematik MDBPE-MBKM  yang menjadi sasaran dalam KKN tematik ini ada 3, yaitu guru, siswa dan orang tua  siswa SDN Bojong menteng   yang diselenggarakan oleh kampus UPI dalam upaya penanggulangan dampak Covid_19. Ada dua tema, yaitu membangun desa melalui bidang pendidikan dan membangun desa melalui peningkatan ekonomi masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan mahasiswi ini yaitu membangun desa melalui bidang pendidikan karena melihat situasi dan kondisi yang ada dilingkungan tempat tinggalnya yang memerlukan pendampingan.

Ada beberapa program kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswi ini di sekolah SDN Bojong Menteng, yang pertama yaitu program pendampingan terhadap guru untuk penguatan pembelajaran daring untuk semua mata pembelajaran siswa guna membantu guru dalam mempersiapkan materi untuk bahan ajar, membuat tugas untuk siswa, membuat media pembelajaran yang dapat diakses siswa juga membantu administrasi seperti mengisi buku induk, membuat dan mengisi absensi siwa dan sebagainya.

Kemudian ada juga program pendampingan pembelajaran siswa yang dapat memudahkan dan membantu siswa dalam belajar dan memahami materi. Seperti mengulas kembali materi yang sulit untuk dipahami dan mendampingi siswa dalam mengerjakan tugas rumah juga mendampingi dan membantu siswa yang belum bisa membaca dengan lancar dan menulis bagi kelas tinggi melalui whatsapp grup ataupun media lainnya. 

Bukan hanya itu, kesulitan pada masa kini dialami oleh banyak orang tua yang mengeluh akan pembelajaran saat ini, baik dalam ketidakpahaman materi, teknologi yang tidak mendukung, anak yang tidak mau belajar bersama orang tua dan sebaginya.

 Oleh karena itu khaerunnisa juga melakukan pendampingan terhadap orang tua siswa seperti memberikan arahan ataupun masukan agar siap mendampingi anaknya belajar di rumah, dengan begitu orang tua dapat mudah memonitoring perkembangan belajar anak yang dilakukan secara langsung dalam membimbing dan mengawasi anak belajar.

Itu semua berlangsung kurang lebih satu bulan pada bulan Juli yang sangat berkesan. Semoga apapun yang sudah dilakukan selama KKN di SDN Bojong Menteng dapat membantu guru, siswa dan orang tua yang mengalami kesulitan dalam proses belajar mengajar.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x