Gayahidup

Oops, Hati-hati dengan Minuman Manis Favoritmu!

7 Desember 2018   07:20 Diperbarui: 7 Desember 2018   07:37 67 0 0

Diet. Satu kata yang sangat mudah untuk diucapkan namun sangat sulit untuk dijalankan. Usaha seseorang untuk menurunkan berat badan atau mendapatkan tubuh yang ideal tidak semudah membalikkan telapak tangan, lho! Faktanya, banyak sekali tantangan dan rintangan yang harus dihadapi seseorang saat sedang berjuang dalam diet. 

Bahkan, seringkali seseorang yang sedang diet dapat merasa menderita saat sedang berjuang untuk melawan godaan. Godaan yang paling berat adalah jika seseorang harus menghindari jenis-jenis makanan tertentu yang ia sukai, padahal makanan itulah yang menjadi penghalang dalam proses dietnya.

Para pejuang diet biasanya sangat "anti" dengan yang namanya nasi. Nasi dianggap sebagai suatu hal yang harus dimusuhi. Memang benar, jika seseorang mengkonsumsi nasi dalam jumlah yang tidak wajar, maka nasi akan menimbulkan efek yang buruk bagi tubuh. 

Nasi memiliki indeks glikemik yang tinggi sehingga memicu keningkatan kadar gula di dalam darah. Fatalnya, seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat menderita penyakit diabetes dan beresiko pada kematian.

Oleh karena itu, banyak sekali orang yang sangat menghindari nasi tetapi masih suka minum minuman manis yang dijual di minimarket, mall, atau caf. Kebiasaan ini banyak sekali ditemukan di kalangan anak muda. Mereka suka sekali jajan minuman-minuman manis yang ditawarkan di mall saat mereka hangout. 

Faktanya, minuman manis seperti Frappucino, Green Tea Latte, Frozen Yogurt, dan minuman bersoda mengandung gula dan kalori yang sangat tinggi. Berikut ini adalah info selengkapnya mengenai kandungan minuman-minuman manis diatas.

1. Caramel Frappucino

Minuman ini menempati posisi sebagai minuman dengan kalori yang tinggi, yaitu sebesar 420cal, gulanya sebesar 66g, dan minuman ini juga mengandung karbohidrat sebesar 67g. Waw! Sungguh besar ya ternyata!

2. Green Tea Latte

Minuman ini hanya mengandung susu, dan Matcha Tea yang merupakan campuran antara gula dan teh hijau Jepang. Namun, segelas Green Tea Latte mengandung kalori sebesar 280cal, gula 32g, dan karbohidrat 34g. Angka ini mungkin tidak terlalu tinggi dan mengkhawatirkan.

3. Frozen Yogurt

Biasanya, yogurt memang dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. Namun faktanya, kandungan gula yang ada dalam 210g frozen yogurt manis (tanpa topping) juga terbilang tinggi, yaitu sebesar 23g. Kalorinya juga cukup besar, yaitu 215cal. Nah, bagi kamu yang sedang diet, lebih baik memilih yogurt yang tawar (plain).

4. Minuman bersoda

Siapa sangka di dalam segelas minuman bersoda 16oz (contoh: Coca Cola), mengandung gula sebesar 52g dan 190cal. Angka ini bahkan masih jauh lebih tinggi daripada semangkuk nasi.

Fakta membuktikan bahwa sebenarnya, kandungan gula yang ada di dalam minuman-minuman manis tersebut LEBIH TINGGI dibanding dengan semangkuk nasi putih seberat 100g.  Berdasarkan buku Imperfect karya Meira Anastasia, nasi putih seberat 100g hanya mengandung gula sebesar 0,1g. 130cal. Minuman-minuman yang telah disebutkan diatas ternyata lebih fattening daripada nasi. Sangat-sangat tidak disangka ya!

Sebenarnya, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Cara yang benar adalah kita harus bijak dalam menentukan makanan apa yang bermanfaat bagi tubuh kita. Kita harus tahu batasan dalam mengkonsumsi makanan tertentu, apalagi ketika kita sudah tahu bahwa makanan tersebut dapat menimbulkan efek buruk bagi tubuh. 

Seperti halnya mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula. Gula tidak hanya menyebabkan efek buruk, namun banyak juga  juga manfaat pentingnya bagi tubuh kita, misalnya dapat memberi energi bagi tubuh secara instan, mengatasi tekanan darah rendah, dan bahkan bisa meningkatkan fungsi otak. Oleh sebab itu, kita harus lebih bijak dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Sumber:

Anastasia, M. (2018). Imperfect. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Starbucks. (2018). Retrieved from Starbucks Drinks: https://www.starbucks.com/menu/drinks