Mohon tunggu...
elpidez bize
elpidez bize Mohon Tunggu... kezia Ranteallo

blog menganai sekala hal yanga ada

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Corona Mengubah Pola Hidup

3 Juni 2020   19:19 Diperbarui: 3 Juni 2020   19:59 84 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Corona Mengubah Pola Hidup
tribunnews

Oleh: Kezia Ranteallo dan Sebastianus Dimas

SMAK Santa Maria

Virus Corona adalah virus yang menyerang pernapasan. Pada tahun 1937, para ilmuan memberantas virus Corona yang menyebabkan penyakit bronkitis pada unggas.

Virus Corona muncul di China pada akhir Desember 2019. Virus ini telah tersebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Virus Corona tersebar melalui tetesan aerosol yang keluar dari mulut atau hidung penderita dan melalui kontak langsung. Konsentrasi aerosol pada ruangan tertutup semakin tinggi sehingga semakin mudah menyebar.

Berikut merupakan grafik penyebarannya.

bisnis.com
bisnis.com
Pada kurva biru, penyebaran terjadi dalam waktu yang lama. Sedangkan pada kurva merah, penyebaran terjadi dalam waktu yang cepat, yang berarti banyak orang sakit dalam waktu yang singkat.

Kapasitas fasilitas kesehatan yang tersedia, seperti pada gambar di atas, tidak memadai jika banyak orang sakit dalam waktu yang singkat.

Maka dari itu, pemerintah menganjurkan untuk tetap berada di rumah saja supaya bisa mengurangi penyebaran virus dalam waktu yang singkat.

Pemerintah membuat beberapa kebijakan dalam menanggulangi kasus ini, diantara lain membangun rumah sakit integrasi dan membantu biaya pasien di rumah sakit non rujukan.

Selain itu, pemerintah juga membuat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Tetapi, ada pengecualian pada instansi bidang keamanan, kesehatan, dan kebutuhan pangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x