Mohon tunggu...
Priyadi
Priyadi Mohon Tunggu... Lainnya - Menyukai buku

Baru belajar nulis

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Lulangan dan Tanaman yang Ditelantarkan

9 Januari 2024   07:59 Diperbarui: 9 Januari 2024   08:03 154
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi

"Satu-satunya kebaikan adalah pengetahuan dan satu-satunya kejahatan adalah ketidaktahuan" (Socrates)

Di masa kecil, saya pernah berpikiran sempit, bahwa ilmu identik dengan sekolah. Tapi kemudian, cara pandang saya sepertinya berbelok.

Situasi sosial, politik, budaya, ekonomi, dan dinamika keyakinan agama, membuat cara pandang ini berubah.

Seperti misal nama rumput lulangan, katimas, teki, bandotan, gletang (getasan), tembelekan, lanji dan lain sebagainya. Nama-nama tersebut terlewat begitu saja meski menjadi bagian dari biografi hidup.

Kini, saya justru penasaran dengan rumput-rumput itu. Saya kerap menanyakan kembali nama-nama tersebut kepada orang tua saya, yang sebagian besar jenis rumput itu masih dianggap sebagai gulma.

Ya, hanya dianggap gulma.

Tanaman Remeh-temeh

Ada bulur pengetahuan untuk mengetahui lebih jauh gulma-gulma itu lebih rinci. Kemana menuntaskan bulur pengetahuan tersebut? Tentu saja dari internet.

Dan, saya tidak pernah menyangka jika gulma-gulma itu memiliki banyak manfaat, entah itu untuk kesehatan atau manfaat lainnya.

Rumput lulangan sebagai misal. Rumput ini dapat tumbuh di berbagai tempat. Dulu ketika saya kecil, lulangan banyak bertumbuhan di jalanan yang belum beraspal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun