Mohon tunggu...
Ada Cara Sehat
Ada Cara Sehat Mohon Tunggu... Blogger -

Manusia yg kepo sama kesehatan, gaya hidup dan otomotif. Doyan juga nulis politik dan ponsel.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Manfaat Kayu Manis yang Jarang Diketahui Masyarakat Kota

13 Oktober 2018   04:10 Diperbarui: 13 Oktober 2018   05:13 653 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Sumber:pexels.com)

Sekilas dilihat, tampilan kayu manis agak berbeda dengan kulit pohon biasa. Membentuk lingkaran yang tak beraturan seperti kertas jaman dulu untuk menulis di jaman peradaban sebelum dikenalnya kertas.

Mengutip laman tanobat.com saat pada jenis Cinnamomum burmanni atau jenis kayu manis yang paling banyak terdapat di Indonesia, kandungan yang berada di dalamnya memiliki beberapa hal, seperti :

  1. Kadar air 7,9%
  2. Minyak atsiri 2,40%
  3. Alkohol ekstrak 10-12%
  4. Abu 3,55%
  5. Serat kasar 20,30%
  6. Lemak 2,2%

Kayu Manis adalah tumbuhan berbentuk pohon yang sering dijadikan sumber rempah-rempah dalam keseharian. Dengan aroma yang khas dan rasa manis bercampur pedas, banyak orang yang menggunakan kayu manis untuk dicampurkan dengan makan untuk mendapatkan tambahan aroma.

Secara umum, daerah Indonesia sangat potensial menghasilkan bermacam-macam jenis pohon dan tanaman, selain itu juga pengaruh iklim tropis di Indonesia, membuat pohon kayu manis dapat tumbuh dengan subur.

Kayu manis diperoleh dengan cara mengelupas kulit yang ada dibagian luarnya serta bagian dalam, selanjutnya akan diproses dengan pengeringan. Bentuk kayu manis saat sudah menjadi kering akan berbentuk bulat dan melingkar.

Diperkirakan pasokan dunia untuk komoditi kayu manis dihasilkan dari Indonesia yang dihasilkan dari propinsi Sumatera Barat dan Jambi.

Beberapa negara yang rutin menggunakan kayu manis seperti Amerika, Kanada dan Jerman. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dalam kayu manis dalam kesehatan, diantara untuk  mengobati penyakit radang sendi, gangguan kulit, jantung dan mengatasi perut kembung.

Beberapa masyarakat sering menggunakan kayu manis untuk menghalau semut, sebab aroma yang tersebar dari pohon ini tidak disukai oleh semut. Cara penggunaan kayu manis untuk mengusir semut sangat mudah, cukup taburkan bubuk kayu manis ke tempat masuknya semut, seperti pintu, jendela dan lokasi yang diperkirakan menjadi sumber semut untuk datang.

Beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan

1. Mengatasi gangguan hormonal

Gangguan hormonal yang memicu pembesar ovarium dan kista kecil di tepi luar, dapat diatasi dengan kayu manis. Menurut penelitian yang diterbitkan Jornal Fertility and Sterility, kayu manis berfungsi untuk meredakan resistensi insulin pada wanita.

2.Memperkuat imunitas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan