Mohon tunggu...
Ken arum
Ken arum Mohon Tunggu... Yuk budayakan membaca!

Mencoba menulis informatif dan menyenangkan

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Bunga Krisan Mencegah Nyamuk Demam Berdarah

4 September 2019   13:13 Diperbarui: 4 September 2019   13:48 278 2 8 Mohon Tunggu...

Awal tahun ini, tercatat ada 13,683 kasus DBD di Indonesia dalam satu bulan dan 133 orang meninggal dunia, dalam satu bulan! (https://regional.kompas.com/read/2019/01/31/14365721/13683-kasus-dbd-di-indonesia-dalam-sebulan-133-orang-meninggal-dunia) Ngeri banget kan ya?

Tapi ingat gak sih, bahwa ada banyak tindakan pencegahan sebetulnya yang bisa kita lakukan dengan Pemberantas Sarang Nyamuk (PSN) dan 3M+, yakni menutup semua tampungan air atau sumber air, menguras bak mandi, mendaur ulang barang bekas, menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, serta menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk.

Nah, ngomongin menanam tanaman pengusir nyamuk, beberapa tanaman seperti lavender, rosemary, dan krisan dikenal memiliki efek mengusir nyamuk. Bunga krisan sendiri ternyata telah teruji dapat menjadi insektisida yang paling ampuh menekan perkembangbiakan nyamuk penyebar malaria, anopheles juga dapat digunakan sebagai bahan insektisida untuk pengendalian nyamuk Aedes aegypti dewasa. (Penelitian dari USU: http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/14765)

Gara-gara informasi yang menarik tentang bunga krisan dan keampuhannya melawan nyamuk, baik nyamuk penyebab DBD dan Malaria, aku jadi tertarik untuk mengulik tentang bagaimana menanam dan mengolah bunga krisan menjadi penangkal nyamuk, sampai suatu hari aku melihat Nycta Gina mempromosikan obat nyamuk krisan di TV

https://www.youtube.com/watch?v=gHMaORt0m3k

Kalau ternyata beneran ada obat nyamuk yang menggunakan bahan yang jelas jelas insektisida alami dan ampuh mengusir nyamuk tentu jauh lebih mudah daripada harus repot membudidayakan bunga krisan dulu di rumah. Cari cari di internet juga, ternyata Forcemagic termasuk aman karena tidak meninggalkan residu jadi ga usah takut keracunan, kemarin juga akhirnya mencoba beli dan pakai, baunya harum dan ga terlalu mengganggu seperti obat nyamuk yang lain.

Apakah kalian pernah mencoba Forcemagic?

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x