Mohon tunggu...
Kelompok KKN 360
Kelompok KKN 360 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Jember

Kelompok KKN 360 Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UNEJ 360: Menyokong Penguatan Ekonomi Melalui Pelatihan Batik Ecoprint untuk Kelompok Perempuan Kreatif Desa Ambulu

19 Agustus 2022   20:58 Diperbarui: 19 Agustus 2022   20:59 85 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

          Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk dalam Tridharma di perguruaan tinggi yaitu kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa kepada masyarakat di suatu desa/lingkungan. Pada tahun 2022 sendiri UNEJ (Universitas Jember) mengadakan kegiatan KKN Tematik dengan tema UNEJ Membangun Desa (UMD). Dalam prosesnya kelompok KKN 360 sendiri melaksanakan kegiatan KKN di Desa Ambulu, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso. Desa Ambulu sendiri adalah sebuah desa yang dikenal dengan mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai pengrajin besek ikan dan petani tembakau, yang mana sebagian besar masyarakat Ambulu menggantungkan kehidupan ekonomi mereka kepada kedua kemoditi tersebut. Dalam menyikapi hal ini, kami kelompok KKN 360 mencoba memberikan tambahan komoditi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Ambulu untuk kedepannya. Disini kelompok 360 mencoba menciptakan peluang baru dalam peningkatan  ekonomi dimasyarakat dengan memberdayakan perempuan kreatif Desa Ambulu dengan menyelenggarakan pelatihan dan pengembangan batik ecoprint dengan harapan bisa menjadi salah satu produk unggulan desa.

   

 (dokpri)
 (dokpri)
   

         Dalam proses pelaksanaan program kerja ini sendiri kami kelompok KKN 360 memulai mempersiapkan kegiatan ini dari tanggal 8 Agustus 2022 yaitu membuat undangan yang nantinya akan diberikan kepada kelompok perempuan desa Ambulu dan ibu-ibu PKK, yang mana disini jumlah undangannya sendiri adalah untuk 25 orang. Setelah semuanya selesai, pada tanggal 10 Agustus 2022 kelompok membagikan undangan kepada 25 orang yang akan mengikuti acara pelatihan dan sosiaslisasi pembuatan batik ecoprint. Pada hari selanjutnya yaitu pada tanggal 11 Agustus 2022 di balai desa kelompok 360 menjalankan kegiatan pemberian pelatihan dan juga sosialisasi pembuatan batik ecoprint ini kepada 25 tamu undangan, dalam prosesnya sendiri kelompok 360 mendatangkan pemateri dari Dharma Wanita TN Meru Betiri Jember, untuk memberikan materi dan mengajarkan apa itu ecoprint kepada  masyarakat

          Ecoprint sendiri pada dasarnya adalah suatu teknik cetak dengan perwarnaan kain alami yang cukup sederhana tetapi dapat menghasilkan motif yang orisinil dan otentik. Prinsip teknik ini sendiri adalah adanya kontak langsung antara bunga, daun, atau tumbuhan lain dengan kain tertentu. Dalam prosesnya, teknik ecoprint memiliki beberapa tahapan di dalamnya yaitu mulai dari:

  • Tahapan pemilihan bahan, yang mana ini terdiri dari jenis kain, tumbuhan, tawas, deterjen, dan perwarna kain alami.
  • Tahapan selanjutnya adalah tahapan mordanting yang mana ini merupakan proses membuka pori-pori pada kain dengan cara merendam menggunakan TRO/deterjen yang dicampur dengan tawas
  • Tahap perwarnaan yang mana bisa menggunakan 2 metode yaitu ponding atau steaming, yang mana disini kami menggunakan teknik steaming dalam prosesnya.
  • Tahapan terakhir adalah fiksasi yang berfungi untuk mengunci warna pada kain, tahapan ini sendiri dilakukan setelah kain yang sudah di steaming tadi dikeringkan selama 3-7 hari setelah itu direndam dengan air tawas dan kemudian dijemur.

      

 (dokpri)
 (dokpri)

          Harapan kami, dari berjalannya program kerja kelompok KKN 360 yaitu dengan terbentuknya kelompok perempuan kreatif Ambulu dengan memberdayakan batik ecoprint diharapkan kedepannya masyarakat desa Ambulu bisa keluar dari zona nyaman dan secara mudah dapat memanfaatkan potensi yang ada dan tidak hanya bergantung pada besek ikan dan tembakau yang memang sudah menjadi 2 komoditi yang ada di desa Ambulu, terlebih lagi desa Ambulu sendiri memiliki berbagai macam tumbuhan yang bisa dijadikan motif untuk kain batik ecoprint itu sendiri, dan tentunya jika program ini bisa terus ada besar kemungkinan batik ecoprint ini bisa menjadi salah satu produk unggulan Desa Ambulu sehingga dapat mendongkrak ekonomi masyarakat desa Ambulu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan