Mohon tunggu...
Dwi Jatmiko
Dwi Jatmiko Mohon Tunggu... Guru - Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang Keagamaan Peduli Agama, Peduli Sistem, Peduli Manusia dan Peduli Lingkungan. Jatmiko adalah Wakasek Bidang Humas Sekolah Penggerak Berkemajuan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Gelar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi Generasi Z

22 September 2022   07:36 Diperbarui: 26 September 2022   20:50 419 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta/dokpri

Gelar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan untuk memudahkan disingkat P5. P5 memuat enam profil elemen baik dimulai dari beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia; berkebhinnekaan global; bergotong royong; mandiri; bernalar kritis; dan kreatif. Kegiatan projek yang akan di laksanakan oleh guru harus didesain menuju penguatan itu (P5).

Selain enam profil pelajar Pancasila, Kurma juga menelurkan tujuh tema projek yang akan menjadi target kegiatan pembelajaran projek yang didesain guru.

Ruh dari kegiatan projek ini adalah mengelaborasi pembelajaran yang bertujuan untuk menumbuhkan banyak kecerdasan siswa dalam mengembangkan ide, gagasan, dan kreasi yang bersumber dari konsep kognitif yang dikuasai dalam berbentuk lisan atau tulisan sehingga timbul kepercayaan diri akan kemampuan dan eksistensinya sebagai peserta didik yang sedang belajar.

Pengalaman membuat dan melaksanakan kegiatan yang setiap tahun dikerjakan oleh guru yang sudah menjadi program rutin sekolah dapat dijadikan kegiatan Projek Kurma dan guru tinggal menstruktur ulang konten pembelajarannya menuju tujuh tema-tema profil pelajar Pancasila.

Dan tugas penting dari guru ialah kolaborasi dengan guru-guru yang lain menjadi tim work pelaksana kegiatan projek, sehingga projek dapat dilaksanakan dengan ringan dan tidak memberatkan.

Pelaksanaan projek tidak lepas dari kegiatan mendesain pembelajaran projek itu sendiri yang dimulai dari merancang, melaksanakan, menilai, mengevaluasi dan membuat laporan hasil pembelajaran (raport). Dan setelah Projek  dilaksanakan, pada diri peserta didik akan tumbuh  jiwa yang pancasilais yang disebut "Profil Pancasila, kalau di Muhammadiyah insya Allah jadi Profil Pelajar Muhammadiyah berjiwa Pancasilais".


Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan