Mohon tunggu...
Muhammad Hamdan
Muhammad Hamdan Mohon Tunggu... Mahasiswa - 22107030066_Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

Menjadikan lini masa sebagai forum terbuka

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Keindahan Alam Wonosobo dan Dieng: Menjelajahi Surga di Puncak Jawa Tengah

17 Juni 2023   21:48 Diperbarui: 17 Juni 2023   22:44 357
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan alamnya. Salah satu destinasi yang menarik perhatian para wisatawan adalah wilayah Wonosobo dan Dieng yang terletak di provinsi Jawa Tengah. 

Dengan kekayaan alamnya yang memukau, kawasan ini menawarkan pesona yang tak terlupakan bagi siapa pun yang berkunjung. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi keindahan alam Wonosobo dan Dieng serta beberapa tempat menarik yang dapat Anda kunjungi di sana.

Wonosobo adalah sebuah kabupaten yang terletak di dataran tinggi Dieng, dengan ketinggian sekitar 900 hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. 

Iklim sejuk dan udara segar membuat wilayah ini menjadi tempat yang ideal untuk melepas penat dan menikmati keindahan alam. Dieng sendiri adalah sebuah dataran tinggi yang terkenal dengan keindahan alamnya yang spektakuler.

Salah satu daya tarik utama Wonosobo dan Dieng adalah pemandangan alamnya yang menakjubkan. Dataran tinggi ini dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan yang hijau. 

Ketika Anda berada di atas bukit, Anda dapat menikmati panorama yang menakjubkan dengan hamparan sawah, perkebunan, dan danau yang indah. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan ini adalah di Bukit Sikunir.

Bukit Sikunir terletak di sebelah timur kompleks Dieng Plateau, dengan ketinggian sekitar 2.300 meter di atas permukaan laut. Mencapai puncak bukit ini adalah perjalanan yang menantang namun sangat memuaskan. 

Pendakian menuju puncak Bukit Sikunir membutuhkan sedikit usaha dan ketekunan, tetapi pemandangan yang menanti di puncaknya benar-benar luar biasa.

view saat trecking di sikunir (dokumen pribadi)
view saat trecking di sikunir (dokumen pribadi)
Salah satu daya tarik utama Bukit Sikunir adalah matahari terbitnya yang spektakuler. Banyak pendaki yang memilih untuk mendaki bukit ini di pagi hari untuk menyaksikan keajaiban alam ini. 

Saat matahari muncul dari balik cakrawala, langit berubah menjadi paduan warna yang menakjubkan, dengan gradasi kemerahan, oranye, dan kuning yang memancar di antara gunung dan lembah yang terhampar di bawahnya. Pemandangan ini menciptakan momen yang magis dan tak terlupakan.

Dari puncak Bukit Sikunir, pengunjung juga akan disuguhi panorama yang menakjubkan. Gunung-gunung menjulang, hamparan perkebunan, danau-danau kecil, serta padang rumput yang luas akan memanjakan mata Anda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun