Mohon tunggu...
Keisha Bintang Irwan
Keisha Bintang Irwan Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

hello semuanya, nama saya keisha bintang dan saya berkuliah di UNPAR Bandung.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

All About Geladi Hominisasi 3

23 Oktober 2022   18:23 Diperbarui: 23 Oktober 2022   18:31 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi Hominisasi 3 dilaksanakan online pada tanggal 16 Oktober 2022, sebelum Geladi dimulai para mahasiswa harus mengerjakan tugas terlebih dahulu setelah itu baru kami mendapatkan link dan password zoom. Tugas pertama, kami disuruh mengerjakan beberapa soal yaitu menyimak lagu Indonesia Raya 3 stanza dan tulislah bagian syair yang menarik, lalu memilih salah satu film dokumenter yang sudah disiapkan oleh pihak panitia lalu menjawab beberapa pertanyaan yang ada. Tugas tersebut dikerjakan melalui google form, setelah itu kami menunggu beberapa hari sebelum akhirnya dihubungi kembali oleh pihak panitia melalui email dan mendapatkan link zoom.

Hari H Geladi Hominisasi pun tiba, kami dibagi ke dalam beberapa kelompok dan pada zoom tersebut kami diharuskan untuk bekerjasama dengan beberapa mahasiswa lain yang berbeda angkatan dan jurusan untuk membuat sebuah presentasi dengan topik yang sudah ditentukan pada hari sebelumnya, dengan bantuan para mentor akhirnya kelompok saya pun bisa mengerjakan tugas presentasi dengan baik walaupun hasilnya belum maksimal karena keterbatasan waktu dan beberapa masalah teknis lainnya.

Menurut saya setelah mengikuti Geladi Hominisasi kemampuan berpikir secara logika dan bahasa sangatlah penting sebagai warga negara karena apabila kita menerima suatu informasi secara mentah tanpa berpikir logis maka besar kemungkinan informasi tersebut bisa membawa suatu dampak yang negatif contohnya kemakan berita hoax, menimbulkan kesalahpahaman, dsb. Kemampuan berbahasa juga sangat penting karena manusia adalah makhluk sosial dengan kata lain dalam proses kehidupan, manusia membutuhkan manusia lain kita tidak bisa hidup sendiri, sehingga apabila kita tidak bisa berbahasa dengan baik dan sopan maka hal tersebut bisa menjadi suatu penghalang bagi kita untuk berkembang kedepannya.

Manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti geladi ini adalah bisa bekerja sama dalam suatu situasi tertentu tanpa ada hambatan, bisa membuat suatu presentasi dalam waktu yang singkat, belajar untuk mempresentasikan sesuatu secara cepat dan tepat, belajar untuk menghargai dan mendengarkan pendapat orang lain, belajar untuk berpendapat tanpa harus takut perihal benar atau salah.

Beberapa pembelajaran yang saya dapatkan pada Geladi Hominisasi ini tentunya akan saya terapkan selama proses perkuliahan saya berlangsung dan tentunya saya akan meningktkan beberapa hal yang saya rasa masih kurang yaitu proses berpikir dan berbahasa. Proses peningkatan ini saya lakukan seiring berjalannya waktu karena saya yakin 2 hal ini bisa diterapkan dengan metode pengajaran secara natural atau dengan kata lain seiring proses belajar mengajar berlangsung itu pasti akan berdampak pada proses berpikir dan berbahasa saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun