Mohon tunggu...
Katedrarajawen
Katedrarajawen Mohon Tunggu... Penulis - Anak Kehidupan

Merindukan Pencerahan Hidup Melalui Dalam Keheningan Menulis. ________________________ Saat berkarya, kau adalah seruling yang melalui hatinya bisikan waktu terjelma menjadi musik...dan berkarya dengan cinta kasih: apakah itu? Itu adalah menenun kain dengan benang yang berasal dari hatimu, bahkan seperti buah hatimu yang akan memakai kain itu [Kahlil Gibran, Sang Nabi]

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Messi, Nomor 30, dan Kerendahan Hati

11 Agustus 2021   21:40 Diperbarui: 12 Agustus 2021   12:08 245 34 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Messi, Nomor 30, dan Kerendahan Hati
Gambar: postwrap 

Lionel Messi, pesepak bola besar abad ini dengan segala prestasi tertinggi; enam  Ballon d'Or dimiliki takada yang menyaingi. Namun, semua ini tetap membuatnya rendah hati. 

Rabu, 11 Agustus 2021, Messi resmi menjadi pemain Paris Saint-Germain, Perancis. Hal ini menandakan berakhirnya era Messi di Barcelona selama 20 tahunan. 

Seperti kita tahu, Messi di Barcelona adalah kapten dan pemain yang tak tergantikan. Karena perannya yang sedemikian penting dan menjadi pembeda. 

Begitu pula di Timnas Argentina yang baru saja diantar Messi untuk meraih Copa America. Prestasi tertinggi  dunia sepak bola di kawasan Amerika Latin. 

Secara usia yang sudah 34, Messi sudah termasuk pemain senior. Bicara prestasi, secara pribadi gelar dan rekor sudah mencapai yang tertinggi. 

Kurang apalagi? Saking hebatnya sampai ia dijuluki sebagai pemain dari planet lain. 

Namun kedatangannya ke PSG sebagai pemain mega bintang tak membuat Messi mentang-mentang dan arogan.  Hal ini berkenaan dengan pemakaian nomor punggung pemain. 

Messi sudah sangat identik dengan nomor punggung 10 selama ini, baik di klub maupun timnas. 

Seperti kita tahu nomor 10 itu adalah nomor kebesaran seorang pemain. Messi memang sangat layak dengan nomor 10. Dalam keadaan  ini bisa saja Messi meminta keistimewaan. 

Neymar yang  pernah menjadi rekan Messi di Barcelona menyadari hal ini. Bahwa di PSG Messi lebih layak mengenakan nomor punggung 10 itu sehingga ia pun rela menyerahkan kepada Messi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan