Mohon tunggu...
Katedrarajawen
Katedrarajawen Mohon Tunggu... Orang biasa yang ingin jadi luar biasa

"Merindukan Pencerahan Hidup Melalui Dalam Keheningan Menulis"____________________________ Saat berkarya, kau adalah seruling yang melalui hatinya bisikan waktu terjelma menjadi musik...dan berkarya dengan cinta kasih: apakah itu? Itu adalah menemun kain dengan benang yang berasal dari hatimu, bahkan seperti buah hatimu yang akan memakai kain itu...[Kahlil Gibran, Sang Nabi]

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Kejujuran, Keberanian, Kelembutan

12 Mei 2019   15:42 Diperbarui: 12 Mei 2019   15:50 0 12 4 Mohon Tunggu...
Kejujuran, Keberanian, Kelembutan
Gambar : Canva/katedrarajawen

Kejujuran memang berharga. Kejujuran menjadikan manusia mulia. Kejujuran bagaikan permata pusaka. Kejujuran adalah mengikuti suara nurani apa adanya. Tanpa rekayasa kata.

Namun untuk jujur butuh keberanian luar biasa. Apa arti bila ada kejujuran tak bersuara. Takut menghadapi risiko yang ada. Sebab itu keberanian adalah juga pusaka. Sifat mulia manusia.

Tetapi jujur dan berani tak cukup agar berguna. Asal jujur dapat menyakiti dan membuat luka. Asal berani dapat menimbulkan perkara. Jangan mentang-mentang jujur dan berani, melupakan bersikap bijaksana.

Itu sebabnya butuh kelembutan hati dan tahu suasana. Hingga kebaikan menciptakan nilai yang sama. Melakukan hal yang baik, tentu.dengan cara yang baik juga. Tanpa sadar justru menjadi lupa.

#refleksihatiuntukmenerangidiri

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x