Mohon tunggu...
Karla Wulaniyati
Karla Wulaniyati Mohon Tunggu... Lainnya - Senang Membaca dan (Kadang-kadang) Menulis di karlawulaniyati.com

Let the beauty of what you love be what you do (Rumi)

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Sterilisasi Kucing Sebenarnya Tega atau Sayang?

22 Agustus 2022   17:36 Diperbarui: 22 Agustus 2022   17:38 543
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kucing Peliharaan//Dokumen Pribadi

Saya dapat kutipan yang cocok untuk cat lover : "Your house will always be blessed with love, laughter, and friendship if you have a cat." (Lewis Carol)

Buat saya kutipan itu benar adanya. Sudah hampir dua tahun saya jadi cat lover (dadakan dan terpaksa, hehehe) dan saya dapat banyak hal karenanya, cinta, tawa, dan persahabatan. 

Kucing-kucing itu menghadirkan kegembiraan tidak hanya untuk saya tetapi seluruh keluarga karena kucing itu mahluk menggemaskan, lucu, manja, walaupun sekaligus merepotkan.

Karena kecintaan timbullah rasa sayang berakibat usaha untuk memberikan yang terbaik bagi kehidupan kucing-kucing itu. Hal tersebut menimbukan konsekuensi dan komitmen saat memeliharanya.

Komitmen diantaranya memberikan tempat tinggal yang nyaman, makanan dan minuman yang cukup, kesehatan terjaga, cukup bermain, dan kebutuhan lainnya. Jadi apapun yang dilakukan untuk kucing peliharaan harus berorientasi pada meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik, kenyamanan, dan kesehatan kucing yang dipelihara, begitu juga tentang steril.

Tidak mengherankan banyak pro dan kontra tentang steril pada kucing, masing-masing dengan argumen yang dipegangnya sendiri dan saya menghormati apapun pendapatnya.

Saya termasuk yang setuju dengan steril pada kucing, saya kutipkan penjelasan apa yang dimaksud dengan sterilisasi pada kucing:

Pengebirian atau sterilisasi kucing adalah tindakan operasi untuk mengeluarkan organ reproduksi kucing misalnya testis atau indung telur dari kucing.

Ada hal awal yang juga dianggap penting saat akan melakukan sterilisasi pada kucing baik yang dipelihara maupun kucing liar hingga proses sterilisasi menjadi satu hal yang baik atau buruk yaitu niat, apakah niatnya untuk kebaikan dan meningkatkan kualitas hidup kucing, atau sekedar iseng, atau malah niat yang buruk.

Tiga ekor kucing yang saya pelihara secara indoor sudah disteril dengan berbagai pertimbangan, diantaranya :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun