Mohon tunggu...
Karla Wulaniyati
Karla Wulaniyati Mohon Tunggu... Lainnya - Senang Membaca dan (Kadang-kadang) Menulis di karlawulaniyati.com

Let the beauty of what you love be what you do (Rumi)

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Menulis Itu Bukan Susah Tetapi Susah Banget

21 September 2020   08:01 Diperbarui: 21 September 2020   08:24 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Judul itu bukan merupakan sebuah rata-rata bagi yang suka menulis, tidak juga mewakili siapapun. Judul yang saya buat berlaku untuk saya.

Jadi artikel ini seperti biasa menuliskan keresahan saya sebagai penulis pemula mulai dari awal proses menulis sampai menayangkannya.

Keresahan saya kali ini mengenai menulis itu bukan susah tetapi susah banget, hal ini diawali kesukaan saya dalam membaca. Buku apa saja saya baca, walau pada rentang tertentu ada kategori khusus yang saya baca.

Membaca mengakibatkan saya harus menulis untuk menuangkan keriuhan di kepala walau sebenarnya tidak memiliki kemampuan untuk menulis.

The pen is the tongue of the mind. (Horace)

Cuma masalahnya itu tadi walau menulis susah tetapi saya akan merasa lebih susah kalau tidak menuangkannya, hanya memendam dan membiarkan tersimpan di kepala hasil petualangan membaca yang membuat keriuhan di kepala.

Kalau sudah riuh ibarat air pada banjir bandang akan meluap mengalir menyapu apapun yang ada dihadapan. Nah dalam menulis kalau sudah riuh isi kepalanya saya akan menulis saja dengan mengijinkan diri saya sebagai jalan mengalirnya tulisan tetapi jeleknya seperti banjir bandang semua ditabrak.

Hal yang sering saya tabrak dalam menulis diantaranya :

 1. Kaidah kepenulisan.

Saya tidak memiliki kemampuan menulis dalam kaidah kepenulisan yang baik dan benar sampai sekarang.

Awal menulis beberapa teman mengoreksi tulisan saya yang banyak melanggar kaidah kepenulisan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun