Mohon tunggu...
Kania Indria Hadi
Kania Indria Hadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Mahasiswi dengan ketertarikan dalam bidang menulis.

Selanjutnya

Tutup

Book

Mengintip Buku "A Little Life" Karya Hanya Yanagihara

4 September 2022   23:04 Diperbarui: 23 September 2022   21:22 732 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Buku 'A Little Life' karya Hanya Yanagihara merupakan buku yang sering kali dinilai tragis dan traumatis Bahkan dari sampul buku yang menampilkan seorang pria yang meringis menahan rasa sakit dapat membuat banyak orang menilai bahwa buku itu sendiri akan berhasil membuat tangis pembaca pecah. Singkatnya, pada blurb di belakang buku 'A Little Life' tertulis bahwa buku ini menceritakan mengenai 4 kawan kuliah yang mencari popularitas dan kemakmuran di Kota New York. Persahabatan keempat kawan tersebut diwarnai dengan adiksi, kesuksesan, kebanggaan yang semakin dalam tiap tahunnya dimana persahabatan mereka disatukan oleh salah seorang dari mereka bernama Jude yang merupakan pria brilliant yang memiliki trauma masa kecil yang tidak pernah ia ungkapkan kepada ketiga temannya.

Kisah pada buku ini berfokus pada kisah pertemanan 4 orang yang beranjak dewasa juga perjuangan Jude dalam meninggalkan masa lalu yang menurutnya menentukan jati dirinya dan bagaimana Jude berusaha membangun hidup yang baru dan menerima cinta dari orang-orang terkasih disekitarnya. 

Buku 'A Little Life' menampilkan kisah cinta yang unik dan jarang diangkat oleh buku-buku lainnya dimana cinta tidak hanya datang dari seorang pasangan tetapi teman disekitar. Buku ini juga menceritakan bagaimana trauma masa lalu dapat terus menghantui seseorang dan seberapa besar dampak yang timbul akibat dari trauma yang disebabkan oleh seseorang. Berikut merupakan sedikit keunikan mengenai 'A Little Life' dan pesan yang disampaikan (spoiler alert (not major)):

1. Tidak Semua Trauma Dapat Sembuh

Jude merupakan pria yang paling pendiam diantara para sahabatnya yaitu Willem, Malcolm, dan JB dimana Jude sendiri diklaim tertutup dan sedikit sekali yang diketahui sahabat-sahabatnya mengenai dirinya. Jude sering kali mengalihkan topik pembicaraan mengenai masa kecilnya dimana hal tersebut justru merupakan informasi-informasi yang biasanya membuat pertemanan seseorang semakin erat dimana semakin banyak yang diketahui oleh seseorang maka semakin mereka merasa dekat dengan temannya. 

Namun Jude tidak pernah menceritakan sedikit pun tentang masa lalunya dan berkata bahwa ceritanya hanya akan membosankan untuk didengar sampai pada akhirnya teman-temannya paham bahwa topik ini merupakan topik yang dihindari Jude dan untuk menghargai keinginan Jude maka  mereka pun tidak pernah mengungkit atau memaksa Jude untuk menceritakannya. Dimana kenyataannya Jude mangalami pelecehan seksual dan kekerasan seksual sejak ia kecil. 

Dengan ini, ia selalu merasa dirinya kotor dan malu akan kenyataan tersebut dan takut jika orang-orang sekitarnya mengetahui kenyataaannya maka mereka akan memandang Jude  dengan berbeda. Dimana pada kenyataannya ini sama sekali bukan salah Jude, Jude hanyalah anak kecil yang tumbuh di lingkungan yang tidak baik dikelilingi oleh orang-orang yang memanipulasinya yang memaksa ia melakukan hal yang tidak senonoh diluar kemaunnya dan membuat dia berpikir bahwa semua ini juga salahnya.

Bahkan sampai 30 tahun kedepan pun trauma ini masih melekat pada dirinya sampai ia sendiri tidak pernah lagi melakukan hubungan seks. Bahkan jika iya, ia merasakan rasa ketidaknyamanan dan tidak menemukan kenikmatan dari melakukan hubungan seks melainkan penderitaan yang ia harap kunjung berakhir. 

Trauma masa kecil Jude tidak hanya berdampak pada kehidupan seksnya melainkan pada ke was-was an dirinya apabila masa lalu nya terkuak dan menyebabkan pandangan orang-orang terutama orang terdekatnya berubah. 

Kekerasan dan pelecehan yang ia alami juga menyebabkan ia memiliki trust issue dan sering mengharapkan yang terburuk dari seseorang karena sejak dulu yang ia temukan dari seseorang hanyalah yang terburuk dan ia merasa percuma untuk mengharapkan yang terbaik dari seseorang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan