Taryadi Sum
Taryadi Sum Mohon Tunggu... Insinyur - Taryadi Saja

Asal dari Sumedang, sekolah di Bandung, tinggal di Bogor dan kerja di Jakarta. Sampai sekarang masih penggemar Tahu Sumedang

Humaniora

6 Hari Perjalanan Darat demi Sisa Rupiah (Bagian Kedua)

13 November 2017   16:18 Diperbarui: 13 November 2017   16:29 536
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Kisah sebelumnya di Bagian Pertama

Suasana pagi Kota Ruteng, Ibukota Kabupaten Manngarai,   Nusa Tenggara Timur, terasa sangat sejuk  dan bikin betah. Berbeda sekali dengan Kota Kupang yang sangat gersang dengan tanah kebanyakan pasir berbatu. Namun saya sadar ini sudah hari ketiga sejak saya mengabari istri kalau saya akan berangkat dari Kupang. Saya harus meninggalkan kota itu agar istri tak terlalu lama menunggu.

Perjalanan ke Labuhan Bajo ditempuh selama setengah hari. Pada perjalanan kali ini, saya mendapat kenalan  2 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Kami menjadi akrab karena ternyata satu tujuan, yaitu ke Jawa Barat.  Dalam perkiraan saya, perempuan sekitar 30 tahunan itu anak  salah satu dari lelaki  itu yang umurnya sekitar 50 an.

Betapa kecewanya saya ketika mendapati jadwal keberangkatan kapal  ferry ke Sape, Pulau Sumbawa baru ada besok malam, artinya saya harus tertahan dan menginap lagi di kota pesisir ini.  Saat itu Labuhan Bajo tak seterkenal sekarang dengan obyek wisatanya.  Losmen di situ ternyata lebih bagus daripada yang di Manggarai, saya mendapat 1 kamar ukuran kecil dan kamar mandi di dalam dengan tarif 12.500 rupiah semalam.  Tiga kenalan tadi tampaknya ngumpul  meggunakan satu kamar yang lebih besar.

Sekedar menghabiskan waktu malam, setelah Isya saya main-main ke pelabuhan. Di sana ada sekitar 10 orang yang sedang memancing di sela-sela dermaga dan kapal. Lumayan menggoda juga kegiatan itu. Sambil berkeliling saya mengamati  satu per satu pemacing, barangkali ada yang membawa joran lebih dan bisa dipakai. Lumayan, tiga ikan karang saya dapatkan dan saya berikan semuanya ke pemilik joran itu.

Pagi beberapa saat sebelum mata hari terbut, saya sudah duduk-duduk  bangku teras losmen.  Beberapa saat kemudian, perempuan kenalan di bis kemarin juga tampak menuju ke situ. Hanya sekedar menyapa, saya tanyakan apakah bapaknya sudah bangun atau belum.

"dia bukan bapak saya kok, sama seperti Mas, saya juga baru kenal dengan dia di bis kemarin... "  Sambil tampak malu-malu. ""Oh... tapi kok sekamar...?" saya pertahankan untuk  tetap berprasangka baik. "Enggak mas, uang  saya  tidak cukup untuk membayar 1 kamar, jadi saya patungan sama mereka. Gak terjadi apa-apa kok, bapak itu baik". Saya hanya manggut-manggut saja.

Fikiran saya kembali kepada sehari sebelumnya di Manggarai, ternyata resiko yang diambil perempuan itu lebih nekat lagi.  Teman tidur dia adalah dua laki-laki dewasa yang bisa melakukan apa saja ketika dia tertidur.

Saya jadi tersenyum sendiri dan ingin nyanyi berteriak "penguasa... penguasa... berilah hambaMu uang...."