Mohon tunggu...
Imam Syafii
Imam Syafii Mohon Tunggu... Konsultan - Nowadays English Director

Pengamat dan praktisi pendidikan. Khususnya pendidikan kebahasaan.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Nowadays English Morning Therapy: Aktivitas Mereaktivasi Vocabulary

10 Maret 2021   08:33 Diperbarui: 10 Maret 2021   09:02 371
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aktifitas morning therapy / Sumber: kampunginggriskan.id

Nowadays English morning therapy menjadi aktifitas penting dalam Nowadays English teaching beliefs. Aktifitas ini menjadi aktifitas pembuka setelah pelajar merestor banyak informasi di sesi sebelumnya. 

Setidaknya ada 4 poin penting yang pelajar bisa dapatkan dari aktifitas reaktivasi kosakata mereka. Confirming information, recalling information, reducing filler use in speaking section and automaticity. 

Seperti para praktisi ketahui bahwa reactivating vocabulary memainkan peran penting untuk memproses language production; speaking and writing. 

Dalam kemampuan speaking contohnya, siswa perlu merecall semua informasi yang meraka simpan dalam memori mereka. Tentu proses ini memerlukan keakuratan informasi sesuai dengan perintah otak. 

Otak merespon atau memberikan informasi yang telah diorder tersebut dan mentransmisikan kedalam ucapan. Proses ini banyak dibahas dalam ilmu neorolinguistic. Jadi proses kognisi memainkan peran besar pada tahap ini. 

Mereaktifasi kosakata dengan kata lain merupakan sarana exercise atau training bagi pelajar untuk mengautomasi proses ini menjadi sebuah perintah yang lumrah dan umum (terbiasa). Sehingga proses ini secara parsial mengurangi tingkat penggunaan filler ketika proses speaking siswa. 

Confirming Information

Confirming information banyak membantu siswa membuat meaning dalam setiap interaction and transaction activities. Dengan dua model speaking ini tentu mereka bertemu dengan peers yang berbeda-beda. 

Dengan Discourse, language structure, dan juga language style yang berbeda ini terjadi shifting information and communication  antar siswa. Sehingga proses giving meaning siswa lebih cepat dari pada hanya sekedar listening to the audio. 

Selain itu, Mikro skill ini sekaligus membantu siswa dalam membentuk understanding English discourse yang notabene merupakan sources sulit bagi English teacher dalam dunia pengajaran. Tak ayal teori masa kini banyak menyisipkan aktifitas kecil namun berkonten atau ber discourse tinggi. 

Reactivating Information

Reactivating information merupakan proses yang harus dalam membangun kemampuan speaking siswa. Speaking yang memiliki karakter real time sangat memerlukan aktifitas atau micro skill ini. 

Ketika siswa memilih sebuah topik tertentu untuk dibacarakan, kemungkinan besar mereka telah memahami sebagian besar informasi dan kosakata terkait topik tersebut. 

Tentu informasi dan kosakata terkait telah melalui proses penyimpanan jauh sebelum proses speaking by the topic tersebut terlaksana. Maka ketika mereka berkomunikasi secara verbal dengan interlecutor, mereka memanggil semua informasi dan kosa kata terkait tersebut untuk bertanya dan menjawab. 

Selain itu, dengan aktifitas yang tepat siswa tidak perlu menghafal setiap kosakata yang ingin mereka kuasai. Praktis mereka hanya memerlukan berinteraksi langsung menggunakan aktifitas yang telah dipilih untuk mengembangkan kosakata mereka di level apapun. 

Reducing Fillers

Morning therapy juga banyak membantu siswa dalam mengurangi penggunaan filler ketika mereka speaking. Seperti diulas sebelumnya bahwa proses confirming and reactivating information banyak berlaku pada aktifitas morning therapy ini. 

Dengan proses confirming and reactivating inilah siswa banyak diuntungkan secara langsung atau secara automatis mengurangi jumlah filler yang mereka sering gunakan sebelumnya. 

Pengurangan ini terjadi secara automatis seiring bertambahnya jam serta pengalaman berkomunikasi mereka dengan berbagai macam style komunikasi pelajar lain. 

Automaticity

Automaticity merupakan bagian penting selanjutnya yang telah lama menjadi perdebatan panjang seputar bagaimana mengajar siswa agar bisa berbicara secara lancar. 

Fluency, complexity, dan automaticity sering dibahas beriringan dalam menemukan pola terbaik membangun students performance. 

Namun didunia praktis, micro skill tersebut banyak dikembangkan secara parsial demi membangun relevansi proses belajar siswa dengan proses mengajar guru dalam mencapai tujuan. 

Secara singkat, automaticity berperan penuh dalam proses speaking. Seperti disebutkan sebelumnya, hal ini terkait langsung dengan karakter speaking yang real time. Mendapat pertanyaan sekarang maka jawabannya pun harus sekarang. 

Sehingga banyak para praktisioner menggunaan fitur ini untuk membangun keaktifan siswa dalam berkomunikasi secara verbal. 

Tentu peran automaticity sangatlah central untuk disajikan dalam setiap aktifitas belajar siswa. Terutama bagi siswa lanjutan yang perlu terus meningkatkan wacana kebahasaan mereka dalam setiap skill yang mereka ingin kuasai. 

Nah morning therapy activities menyediakan mriro skill ini dalam setiap aktifitasnya. Siswa bisa dengan leluasa merecall, dan mereactivasi prioritas information mereka dalam wacana verbal dengan aktifitas yang sederhana, moving conversation. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun