Mohon tunggu...
Bagus Sudewo
Bagus Sudewo Mohon Tunggu... Lainnya - Blog

Gen Z | Contributor Writer Yoursay.id

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

5 Aktivitas Produktif 'Gratis' untuk Inspirasi Harimu

10 Mei 2024   19:29 Diperbarui: 10 Mei 2024   20:24 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(pexels.com/Jonathan Borba)

Ingin melakukan sesuatu yang berbeda, tapi terhalang oleh kondisi dompet yang lagi tipis? Tenang aja, artikel kali ini akan mengupas berbagai aktivitas produktif yang bisa mengubah hari-harimu menjadi lebih bervariasi tanpa harus menguras isi kantong. Yuk, simak bersama dan temukan inspirasi baru untuk mengisi waktu luang dengan cara yang menyenangkan sekaligus bermanfaat.

1. Olahraga

Olahraga pasti membuatmu tetap produktif dan sehat. Tidak perlu berlangganan gym atau membeli peralatan mahal, cukup lakukan olahraga sederhana seperti lari pagi, yoga, atau senam di rumah. Jika bosan di rumah, bisa memanfaatkan lahan kosong di sekitar.

Olahraga yang paling mudah ialah banyak berjalan. Kegiatan ini bisa bantu meningkatkan konsentrasi dan fokus. Jalan santai itu asyik, apalagi sambil menikmati alam terbuka, bisa memicu kreativitas dan ini membantu berdampak pada pemecahan masalah kita.

Rutin olahraga, energi dan stamina terjaga. Jika energi dan stamina sudah oke, agenda harian yang padat tak jadi masalah. Dari sisi psikologis, olahraga bisa membantu meningkatkan mood dan mengurangi stres.

2. Membuat Jurnal

Menulis jurnal bisa jadi media untuk mengolah gagasan sekaligus merencanakan agenda harian. Mudah sekali, hanya perlu kertas dan pena, bisa langsung menuangkan pikiran dan ide.


Rencanakan dan organisir tugas-tugas harian agar kamu tetap fokus dan tidak melewatkan hal penting. Jurnalling adalah cara yang tepat untuk merefleksikan harimu, kamu bisa menyadari apa yang berhasil dan apa yang bisa ditingkatkan. Ini dapat membantumu belajar dari kesalahan.

Menulis jurnal juga efektif untuk mengelola stres dan kecemasan, lho. Tulislah tentang pengalaman yang kamu lalui. ini membantu memperkuat ingatan tentang pelajaran hidup yang kamu terima sebagai bekalmu untuk kedepannya.

3. Membersihkan Rumah

Membersihkan bagian rumah yang jarang dijamah juga bisa jadi kegiatan produktif. Selain membuat rumah menjadi lebih rapi, kegiatan ini juga bisa menjadi olahraga ringan. Kamu bisa mulai dengan menyortir dan mengorganisir barang-barang agar lebih teratur.

Dengan menyortir dan menata barang, rumah akan terbebas dari kekacauan. Setiap ruangan akan terasa lebih efisien dan nyaman. Lingkungan yang rapi dan terorganisir bisa membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi serta mengurangi stres dan menciptakan suasana yang lebih tenang dan damai. Kamu pastinya tak butuh waktu lama mencari-cari barang, karena semua sudah rapi dan pada tempatnya.

4. Membuat Kerajinan Tangan

Membuat kerajinan tangan adalah cara yang bagus untuk mengisi waktu luang dan tidak memerlukan biaya. Kamu bisa buat kerajinan tangan dari barang bekas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun