Mohon tunggu...
Kamelia tahir
Kamelia tahir Mohon Tunggu... Lainnya - hiii!!!

mahasiswa semester akhir

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

First Impression

8 Oktober 2020   08:48 Diperbarui: 8 Oktober 2020   08:54 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Rabu dan Sabtu merupakan jadwal mengajar saya. Rabu kemarin saya sudah mengajar di kelas XI Linat Minat Biologi B dan hari sabtu ini saya akan mengajar kelas XI MIPA 5. Hari ini merupakan hari pertama saya memperkenalkan diri lewat aplikasi Whatsapp. Beberapa sambutan hangat saya terima dari siswa-siswi kelas XI MIPA 5.

Selama pelajaran berlangsung murid tampak mengikuti pelajaran seperti biasanya. Saat saya memberikan mereka kesempatan untuk bertanya terkait materi yang kurang dipahami saya sangat terkejut bahwa pertanyaan yang muncul akan sebanyak ini. Dan saya yakin yang bertanya pasti menyimak modul yang saya berikan. Karena semua bahan yang ada dalam modul saya sengaja seperti saya berikan umpan agar mereka bisa menginterpretasikan makna dari isi modul tersebut.

Ini menjadi sebuah tantangan bagi saya saat belajar. Saya harus memaksimalkan jawaban saya agar siswa-siswi yang bertanya maupun yang sedang menyimak mengerti terkait materi yang saya berikan. 

Saran saya kepada teman-teman calon tenaga pendidik semua "Jangan lupa belajar sebelum masuk ke kelas". Kata "masuk ke kelas" ini bisa kalian artikan sebagai sebelum kalian memberikan pembelajaran kepada siswa-siswi. Kita harus sebanyak mungkin membaca untuk menambah wawasan kita terkait materi yang akan kita ajarkan.

Membaca sebelum memberikan pembelajaran kepada siswa-siswi merupakan hal wajib bagi saya. Mengapa? Karena saya tidak boleh meremehkan rasa ingin tahu mereka terhadap materi yang akan saya sampaikan. Oleh karena itu, saya selalu usahakan untuk belajar sebelum memberikan materi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun