Mohon tunggu...
Media

Pertumbuhan Teknologi yang Merubah Cara Pandang Anak

10 April 2016   12:46 Diperbarui: 10 April 2016   13:01 0 0 0 Mohon Tunggu...

Teknologi merupakan suatu hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita sekarang ini. banyak hal yang terjadi dengan adanya teknologi. Apapun yang kita perlukan menjadi begitu mudah dicapai untuk mendapatkan berbagai informasi . Akses untuk menuju infomasi ini pun bisa dilakukan dari mana saja mulai dari media telivisi, heandphone, komputer dan masih banyak lagi. Tetapi banyak juga teknologi yang sering digunakan ini, tidak sebagai mana mestinya untuk dipergunakan dengan sebaik mungkin. Banyak yang mudah terpengaruh dengan informasi dari teknologi seperti halnya anak – anak. 

Zaman yang sekarang yang serba instan karena mudahnya untuk mendapatkan informasi ini anak – anak seringkali mudah terpengaruh dengan adanya informasi dan hiburan yang mereka dapatkan. Mereka terdidik dengan bahasa yang secara langsung ditiru secara visualisasi, yang berarti apa yang mereka lihat dan apa yang mereka dengar dengan mudah ditangkap. Anak – anak sekarang juga dengan mudah untuk bisa mengakses informasi dan hiburan dimana saja yang sama seperti  orang dewasa. 

Dilihat dari telivisi, Mereka melakukan berbagai pilihan acara yang dapat mereka lihat. Dalam pikiran mereka sebagaimana televisi yang merupakan alat media yang digunakan secara luas ini akan ada dampak positif dan negatif didalamnya. Orang tua terkadang tidak tahu apa yang mereka tonton. Apakah itu bahaya bagi mereka atau tidak. Jika orang tua terus menerus membiarkan anaknya menonton telivisi yang berdampak negatif bagi mereka. Akan menjadikanya pola pikir yang  memiliki nilai yang tidak sempurna  Karena pola pikir mereka terekam secara langsung dalam benak visualisasi mereka.

Banyak keinginan yang anak – anak ingin dapatkan seperti halnya informasi dan hiburan. Jika mereka selesai dengan informasi  dan hiburan yang mereka dapatkan. Di dalam media televisi mereka bisa beralih ke smarphone. Padahal  yang Sebelumnya era tahun 2000 – an Heandphone hanya digunakan untuk telepone dan sms. 

Hanya orang – orang dewasa yang mempergunakanya. Dan itu sekedar digunakan untuk berkepentingan. tetapi sekarang tidak bisa dilakukan secara berkepentingan tetapi bisa juga dipakai sebagai media hiburan anak – anak. Smartphone yang mereka punya bisa melakukan apa saja. Terlebih lagi smarphone yang mereka dapatkan pemberian dari orang tua yang secara tidak langsung menjadi hak dia untuk digunakan. Orang tua tidak mengerti apa yang di lakukan pada smartphone mereka. Mengakses bukan sebagai keperluan tetapi sebagai sarana hiburan membrowsing internet, bermain media sosial, bermain games hanya untuk kesenangan mereka. 

Apa yang anak – anak dapatkan pada smartphone tidak bisa dibatasi seperti halnya media televisi mereka harus menunggu apa yang ingin dilihat tetapi pada smarphone tanpa menunggu lama mereka bisa melihat apa yang mereka mau tidak ada kunci yang melarang anak bermain smartphone dan akan berdampak negatif bagi anak. Banyak informasi yang mereka dapatkan secara universal. Ranah situs internet yang menjadikanya keadaan darurat bagi anak – anak dan harus dihindarkan oleh orang tua. Karena bagi mereka itu bahagia tetapi untuk keadaan kedepanya akan membawa dampak negatif bagi mereka.

Sebenarnya teknologi yang terjadi dari media informasi maupun hiburan sudah banyak yang berkembang diseluruh dunia. Hal ini diikutinya perkembangan teknologi di negara indonesia yang menjadikan suatu daya tarik bagi seluruh kalangan. Dan juga ikut membagun daya tarik bagi anak - anak. Trend yang terjadi pada perkembangan sekarang  secara keseluruhan menjadi sangat luas. 

Pandangan apa yang mereka tangkap terus menerus terjadi karena adanya informasi dan hiburan dari teknologi. Padahal dulu komputer hanya digunakan sebagai sarana tugas yang dibuat untuk pekerjaan. Tetapi sekarang berubah. Komputer bukan hanya saja untuk mengerjakan tugas tetapi sebagai media informasi dan hiburan. Seperti apa yang dirasakan anak – anak. Mereka akan suka bermain komputer sebagai sarana hiburan mereka.

Karena adanya perkembangan teknologi sekarang ini. Mereka lebih cenderung berhadapan dengan gadget yang mereka punya ketimbang mereka berlama – lama bermain diluar bersama teman – temanya. Padahal apa yang mereka lakukan menjadikan diri mereka bersifat individualisme. Banyak kebebasan yang terjaring bagi anak – anak mereka. Terus menerus ingin melihat teknologi yang baru. Mereka melihat yang berbeda dan mereka ingin mengingikanya lagi. Kekuatan mereka untuk bercakap – cakap menjadi sangat terbatas bukan hanya itu saja daya pikir mereka kelak lebih terjaring pada alat – alat gadget yang mereka punya.

Internet yang sekarang ini juga merupakan nilai keutamaan adanya faktor informasi dan hiburan. Yang sebelumnya internet merupakan suatu hal yang sangat jarang ada. Karena susahnya mencari wadah untuk berinternet menjadikan daya pola berpikir anak menjadi terbentuk dan menuai ide – ide kreatifitas mereka. 

Tetapi sekarang dengan adanya internet menjadi serba instant apa yang mereka ingin tinggal mencari diinternet. Juga seperti media hiburan yang hanya dibatasi pada saat tidak adanya internet. Dan sekarang ini keinginan untuk mendapatkan media hiburan sangat mudah ditemukan. Banyak sekali bahaya dari dunia internet sendiri. Mereka terkadang salah memilih mana informasi yang baik dan mana informasi yang buruk pada akhirnya mereka sendiri yang menilai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x