Mohon tunggu...
kaekaha
kaekaha Mohon Tunggu... Unda Lakian Urang Banjar

... penikmat musik dan budaya nusantara, buku cerita, kopi nashittel (panas pahit kentel) serta kuliner berkuah kaldu ... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Inspirasi "Hidup 1000 Tahun Lagi" dari Kedermawanan Utsman bin Affan

3 Mei 2021   08:20 Diperbarui: 3 Mei 2021   08:35 426 27 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inspirasi "Hidup 1000 Tahun Lagi" dari Kedermawanan Utsman bin Affan
Utsman bin Affan | darulfunun.or.id

Kisah Inspiratif Khalifah Utsman bin Affan telah saya tulis dalam dua artikel, Kisah Kecerdikan Utsman bin Affan "Mengakuisisi" Sumur Yahudi dan sekuelnya Kisah "Rekening Abadi Berusia 1400 Tahun" Milik Khalifah Utsman dari dua artikel penuh inspirasi tersebut, kita bisa mengungkap beberapa fakta menarik terkait sosok sahabat sekaligus menantu Rasulullah SAW yang bergelar Dzun Nurrain (pemilik dua cahaya) tersebut, termasuk fakta kedermawanan dan juga keajaiban-keajaiban terkait kebiasaan beliau bersedekah.

Baca Juga: Kisah Ketampanan Nashr bin Hajjaj yang Sempat Merepotkan Khalifah Umar 

Kisah kedermawanan sekaligus kecerdasan beliau yang tetap memanusiakan "lawan", untuk sama-sama mendapatkan manfaat dari satu-satunya sumur di Madinah yang masih mempunyai sumber air terbaik, ketika Madinah dilanda kekeringan hebat, pasca kedatangan kaum Muhajirin dari Makkah yang berhijrah bersama Rasulullah, ternyata mendatangkan keberkahan luar biasa bagi masyarakat Madinah saat itu, bahkan sampai hari ini. Kalau belum baca atau sekedar masih penasaran dengan kisahnya, silakan klik pada tautan artikel di atas ya! 

Sumur Bi'ru Raumah sekarang | tawaf.or.id 
Sumur Bi'ru Raumah sekarang | tawaf.or.id 

Atas ijin Allah SWT, sumur Bi'ru Raumah yang dibeli Utsman bin Affan dari si yahudi, Sampai hari ini masih menjadi sumur dengan sumber air terbaik di Kota Madinah dan tetap punya andil besar mengairi kebun-kebun kurma di  Madinah, sehingga tetap tumbuh subur dan menghasilkan buah kurma yang berkualitas tinggi.

Baca Juga: Kisah Kocak Sahabat Zakaria bin Yahya, Buta Huruf yang Mendapat Tawanan Puteri Cantik

Tidak hanya itu, hasil kebun kurma milik Utsman bin Affan yang sampai sekarang masih teregistrasi dengan nama Utsman bin Affan dalam sertifikat pemilik dan sekarang dikelola oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi, setiap tahunnya dari total keuntungan yang didapat, setengahnya disalurkan untuk zakat, anak-anak yatim, fakir miskin dan semua yang membutuhkan.

Kebun Kurma Utsman bin Affan | @kaekaha
Kebun Kurma Utsman bin Affan | @kaekaha

Sedangkan setengahnya lagi dikelola oleh kementerian wakaf dengan ditabung atau disimpan ke rekening khusus atas nama Utsman bin Affan radhiyallahu anhu untuk beberapa keperluan, selain sebagai dana deposit dan untuk keperluan kebun, seperti untuk biaya perawatan kebun, modernisasi alat perkebunan, termasuk juga peremajaan tanaman, juga diinvestasikan dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah masjid dan hotel mewah bintang 5, dengan nama Hotel Utsman bin Affan.

Baca Juga: KH Zainudin MZ, Anekdot "Sholat Itu Nomor 2" dan Doa Sapu Jagat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN