Mohon tunggu...
Kartika Eka H
Kartika Eka H Mohon Tunggu... Perajin Buah Tangan

... penikmat musik dan budaya nusantara, buku cerita, kopi nashittel serta kuliner berkuah kaldu ... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Sarapan "Katupat Batumis" di Batang Banyu, Menikmati Peradaban Sungai khas Urang Banjar

2 September 2020   14:19 Diperbarui: 4 September 2020   15:52 245 55 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sarapan "Katupat Batumis" di Batang Banyu, Menikmati Peradaban Sungai khas Urang Banjar
Katupat Batumis khas Martapura | @kaekaha

Denyut pagi di "Kota 1000 Sungai, Banjarmasin nan bungas" di masa pandemi covid-19 maupun setelah memasuki masa new normal tetap menawarkan fragmentaria kehidupan dengan beragam kisah menarik yang akan sulit terlupakan bagi siapapun yang pernah singgah untuk menikmati pesonanya apalagi merasakan kehangatannya. 

Semua dibuat karindangan alias kangen berat!

Salah satu aktifitas pagi yang tidak boleh terlewatkan jika sedang berada di Banjarmasin adalah berburu sarapan alias makan pagi! 

Sebagai daerah yang mempunyai karakteristik alam yang sangat unik, Kota Banjarmasin yang sebagian besar ketinggian daratannya lebih rendah dari permukaan air laut, menjadikannya sebagai kota dengan ragam kuliner dan juga destinasi untuk sarapan yang tidak kalah unik dan pastinya spesifik alias kekhasan yang menarik.

Ragam kuliner (termasuk untuk sarapan) "Kota 1000 Sungai" sebagian besar memang tidak bisa lepas dari besarnya potensi pangan dari rawa-rawa serta sungai yang luasannya mendominasi sebagian besar wilayah kota.

Begitu juga spot-spot destinasi kuliner yang asyik untuk sarapan pagi, hampir semuanya menawarkan eksotisnya view sungai atau rawa-rawa berikut aktifitas sehari-hari, tradisi dan budaya peradaban sungai khas Urang Banjar" yang tentunya akan memberikan pengalaman sekaligus kenangan tersendiri.

Kawasan Wisata Kuliner Banua Anyar | @kaekaha
Kawasan Wisata Kuliner Banua Anyar | @kaekaha
Jika kebetulan waktu kunjung di Banjarmasin relatif terbatas, jangan cemas! Keperluan berburu sarapan pagi tetap bisa dilakukan dengan cara efektif dan efisien, langsung menuju ke spot-spot destinasi sarapan terbaik tanpa harus keliling-keliling. 

Salah satu yang terbaik adalah langsung menuju Kawasan Wisata Kuliner Banua Anyar di Kecamatan Banjarmasin Timur yang masih terletak di dalam kota dan lokasinya persis di tepian Sungai Martapura, salah satu sungai besar yang membelah Kota 1000 Sungai. 

Jika anda pernah ke Banjarmasin dan pernah menikmati kuliner Soto Banjar Bang Amat yang lokasinya di tepian sungai, tidak salah lagi! Kawasan itulah yang sekarang telah dikembangkan oleh pemerintah Kota Banjarmasin menjadi kawasan wisata kuliner Banua Anyar. 

Tidak hanya Soto Banjar Bang Amat saja, di sepanjang jalan di tepian sungai tersebut sekarang banyak berdiri kedai dan rumah makan yang semuanya menawarkan keragaman kuliner khas masyarakat Banjar.

Warung Batang Banyu | @kaekaha
Warung Batang Banyu | @kaekaha
Salah satu destinasi kulineran khas Urang Banjar yang sangat layak menjadi wish list jika anda berkesempatan berkelana ke Kota 1000 Sungai adalah Warung Batang Banyu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN