Mohon tunggu...
KADEK ADYATMA TEJA KUSUMA
KADEK ADYATMA TEJA KUSUMA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Teknik Sipil

Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Aksi Mengajar Anak-Anak pada Sore Hari di Kota Malang

23 Mei 2022   13:04 Diperbarui: 23 Mei 2022   13:12 87 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto bersama bareng anak  - anak/dokpri

Kota Malang setiap hari Sabtu dan Minggu sore selalu dihiasi oleh keramaian anak-anak yang sering bermain di jalanan. Kami sebagai mahasiswa dari Universitas Negeri Malang melaksanakan kegiatan mengajar untuk anak-anak yang sering bermain di sore hari pada salah satu daerah pemukiman warga di Kota Malang.

Kegiatan ini kami lakukan pada Sabtu (14/05/2022), kami yang beranggotakan 3 orang mengajar beberapa anak dengan beragam usia, mulai dari usia 8 – 12 tahun. Kami bertiga mengajar bersama dengan tujuan memenuhi tugas perkuliahan sekaligus mengimplementasikan ilmu yang didapatkan dalam perkuliahan ke masyarakat secara langsung.

Dalam kesempatan kali ini kami mengajar tentang pengetahuan umum mengenai kewarganegaraan, mulai dari dasar negara, pancasila, lagu lagu kebangsaan, sampai dengan bagaimana cara menjadi warga negara yang baik.

Bediskusi bareng bersama anak - anak di sore hari/dokpri
Bediskusi bareng bersama anak - anak di sore hari/dokpri

Kegiatan yang dilaksanakan ini menumbuhkan rasa peduli kita terhadap pendidikan indonesia meningkat, dari yang tidak tertarik untuk terjun langsung ke masyarakat, kami jadi lebih bersemngat untuk bisa melakukan kegiatan yang sama lagi di lain waktu.

Tidak hanya mengajar kami juga memberikan hiburan kepada anak – anak, hiburan dilakukan dengan memberikan sedikit hadiah bagi mereka yang bisa menyebutkan Pancasila, dapat memeberikan contoh nyata implementasi nilai-nilai dari setiap sila yang ada di Pancasila.

Hadiah yang diberikan berupa makanan ringan dan juga minuman agar mereka lebih antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

Pembagian hadiah kepada anak - anak/dokpri
Pembagian hadiah kepada anak - anak/dokpri

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan guna membangun kesadaran kepada anak – anak dari masyarakat sekitar akan pentingnya pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang harusnya ditanamkan pada diri mereka sejak dini.

Kami berharap kegiatan ini dapat membantu meningkatkan wawasan pengetahuan anak dan meningkatkan intensitas membaca anak jalanan dari sebelumnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan