Mohon tunggu...
K1_Duo Rahman Abdilah
K1_Duo Rahman Abdilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

Hola! como estas?

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kontribusi Pemuda dalam Menghadapi Pahitnya Bencana Hidrometeorologi di Indonesia

8 Desember 2021   22:30 Diperbarui: 9 Desember 2021   09:45 68 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Berdasarkan data yang diambil dari Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) telah tercatat kejadian bencana alam yang ada di Indonesia yaitu sejumlah 2.552 Kejadian bencana alam. Yang paling umum terjadi didominasi oleh bencana banjir, angin puting beliung  dan tanah longsor. Banyak sekali korban yang ditimbulkan dari berbagai bencana alam tersebut.

Menurut fakta diatas, dominasi bencana tersebut termasuk dalam golongan bencana Hidrometeorologi, Namun apa yang dimaksud dengan Bencana Hidrometeorologi? Bencana Hidrometeorologi adalah bencana yang diakibatkan oleh parameter parameter Meteorologi Seperti curah hujan, Kelembapan, temperatur dan angin. 

Jika ditinjau dari faktor penyebabnya dapat diasumsikan bahwa salah satu faktornya adalah dampak dari peristiwa la nina yang terjadi di Indonesia selama kurun waktu tertentu di akhir hingga awal tahun. La Nina sendiri mengakibatkan frekuensi curah hujan meningkat dengan signifikan dan memicu terjadinya bencana hidrometerologi seperti halnya banjir.

Hal ini sangat disayangkan karena jika ditinjau lebih jauh lagi semua hal tadi berakar pada masalah serius yang menjadi tantangan umat manusia dimasa sekarang dan masa yang akan datang yakni KRISIS IKLIM

Mengapa perlu ditekankan dengan kata "Krisis" bukannya yang terjadi hanyalah Perubahan pada iklim? Hal ini yang menjadi menarik karena pada dasarnya kata "Krisis" yang  digunakan pada sebutan masalah yang timbul terkait perubahan iklim adalah memang yang paling cocok menggambarkan keadaan Iklim pada saat ini. 

Yang terjadi bukan hanya sekedar perubahan yang wajar, hal ini menjadi tidak wajar karena proses nya yang terjadi begitu cepat dan efek yang ditimbulkan sangat buruk. Ini hasil perbuatan tangan tangan manusia yang berdampak buruk pada planet bumi.

Kembali lagi pada Topik utama yaitu Bencana Hidrometeorologi, sejauh ini dengan maraknya bencana yang terjadi perlu dilakukan upaya pencegahan dan adaptasi terkait Keadaan yang timbul pada saat ini. Banyak sekali upaya yang bisa dilakukan masyarakat untuk mengahadapi berbagai fenomena bencana hidrometeorologi. 

Seperti halnya melakukan Penanaman Pohon, Melakukan pembersihan saluran saluran air yang mampet dan kotor, pengoptimalisasian kekuatan drainase, pembenahan tanggul, dan masih banyak lagi. Hal ini diharapkan dapat mengurangi efek buruk yang ditimbulkan oleh faktor faktor Hidrometeorologi tadi.  

Peran pemuda juga sangat dibutuhkan dalam membantu mengahadapi dan mencegah terjadinya Bencana hidrometeorologi. Karena Pemuda merupakan golongan yang paling bisa bergerak dengan cepat dan tanggap sehingga kontibusinya dibutuhkan dan juga pemuda lah yang akan mewarisi negara dan bumi kedepannya. Tentu saja mereka tidak ingin jika tempatnya telah rusak duluan karena dampak dari krisis iklim itu sendiri.

Beberapa contoh upayanya adalah :

-Mengedukasi Diri sendiri dan Orang lain Terkait Bencana Hidrometeorologi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan