Mohon tunggu...
Justicia Estetika Maulida
Justicia Estetika Maulida Mohon Tunggu... Penulis - NGO Hoshizora Foundation's part-timer

Seorang pekerja paruh waktu di sebuah Organisasi Non-profit Hoshizora Foundation.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Hoshizora Foundation Ajak Siswa, Orangtua, dan Guru Tingkatkan Kapasitas Diri lewat Forum Edukasi Solor 2021

17 Oktober 2021   15:30 Diperbarui: 17 Oktober 2021   15:31 64 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Solor, NTT, Minggu, 17 Oktober 2021 - Hoshizora Foundation memulai rangkaian pertama kegiatan Forum Edukasi Solor 2021, yaitu forum peningkatan kapasitas bagi penerima manfaat beasiswa Mimpi Anak Negeri Hoshizora Foundation meliputi Adik Bintang (sebutan untuk penerima manfaat), Wali Bintang (sebutan untuk orang tua Adik Bintang), serta guru dan Koordinator Wilayah di wilayah Solor, Nusa Tenggara Timur. 

Forum ini merupakan hasil kerjasama antara Hoshizora Foundation dan Doa Anak Bangsa dari Sydney Australia untuk membantu anak-anak di wilayah Solor mendapatkan akses pendidikan yang layak. Berkolaborasi bersama organisasi lokal Du'Anyam, forum ini telah diselenggarakan kedua kalinya sejak tahun 2019.

Sesi pertama forum diawali dengan kelas berjudul "Kenali Diri dan Sekitarmu" bersama I Made Andi Arsana, Dosen Teknik Geodesi dan Kepala Kantor Hubungan Internasional UGM, yang aktif pula sebagai content creator dan public speaker. 

Sebelum acara, Adik Bintang diminta menggambarkan ilustrasi cita-cita dan harapan mereka di masa depan. Harapannya melalui talkshow dan sharing session ini, Adik Bintang dapat lebih mengenali diri sendiri dan lingkungan sekitarnya untuk bekal menghadapi kehidupan di masa depan.

Selanjutnya, Wali Bintang mendalami tentang manajemen keuangan bersama Maria Silangen, Chief Innovation Officer Coworking Satu Tampa. 

Di kelas berjudul "Peran orang tua dalam mengatur keuangan untuk masa depan anak", para orang tua diajak mempraktikkan pencatatan keuangan dengan panduan pemateri. 

Hoshizora Foundation percaya bahwa kelas peningkatan kapasitas bagi Wali Bintang merupakan salah satu pilar penting Kerangka Ketahanan Pendidikan untuk menciptakan ekosistem pendidikan terbaik dalam upaya mendukung masa depan Adik Bintang yang lebih cerah.

Yudi Anwar, selaku Direktur Eksekutif Hoshizora Foundation menjelaskan, "Tujuan dari kegiatan ini, selain memberikan pendampingan kepada Adik Bintang, juga mengajak orang tua dan guru untuk bersama-sama mendukung Adik Bintang meraih cita-cita mereka. Program yang kami berikan cukup relate untuk kebutuhan baik bagi Adik Bintang, orang tua wali, maupun guru. 

Topik utama untuk program pendampingan Adik Bintang adalah social emotional learning dan experience learning, untuk orang tua wali lebih ke financial literacy dan parenting, sedangkan untuk guru adalah teacher development dan children development. 

Dengan berbagai program dan keterlibatan tersebut, Hoshizora Foundation berharap mampu membangun ekosistem pendidikan yang baik dan layak untuk Adik Bintang di wilayah NTT."

Forum Edukasi Solor 2021 akan ditutup dengan kelas peningkatan kapasitas untuk guru dan koordinator wilayah di hari Minggu, 24 Oktober 2021. Mengundang Sri Rahayu Widyastuti, kepala Sekolah Tumbuh dan fasilitator Cakap Pengajar Hoshizora Foundation, peserta diajak untuk berdiskusi dan berefleksi tentang proses pengajaran pasca pandemi. Para guru juga diajak aktif untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan metode dan pendekatan alternatif yang sesuai dengan pembelajaran pasca pandemi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan