Mohon tunggu...
Junaedi SE
Junaedi SE Mohon Tunggu... Wiraswasta - Crew Yayasan Sanggar Inovasi Desa (YSID)

Penulis Lepas, suka kelepasan, humoris, baik hati dan tidak sombong.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Tanggapan Atas Tulisan Susah-susah Nulis di Kompasiana tapi Dijiplak Situs Nakal

1 Agustus 2021   16:47 Diperbarui: 1 Agustus 2021   16:53 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Dear Kompasianer. Sekedar urun tulisan, menanggapi tulisan "Ruang Berbagi Centang Biru" yang berjudul "Susah -- susah Nulis di Kompasiana Tapi Dijiplak Situs Nakal : Sakitnya Tuh Di sini". Dari tulisan ini pula saya jadi tahu kalau ada situs nakal bernama SiapGrak!com (saya sengaja tidak pakai inisial) hasil pencarian mesin pencari google. 

Setelah saya masuk dasboard utama SiapGrak!com, betapa  kagetnya banyak tulisan yang judul -- judulnya tidak asing bagi saya karena benar saja tulisan -- tulisan tersebut sudah akrab dengan saya di dashboard beyond blogger Kompasiana.com.

Kemudian saya mencoba pencarian di kolom pencarian milik situs SiapGrak!com, saya ketikkan Opini Kompasiana, apa yang terjadi muncul semua tulisan milik Kompasianer yang dijiplak oleh situs ini. Konten -- konten Terpopuler Kompasiana dibahasakan situs ini dengan Konten Terbaik serta Topik Pilihan dengan bahasa Konten Pilihan sepertinya menjadi incaran  situs mereka.

Yang saya heran dan tak habis pikir situs ini secara terang -- terangan menyebut bahwa opini tersebut merupakan artikel dari Kompasiana.com. Kemudian saya mencoba scroll layar ke bawah dan betapa terkejutnya ada tulisan saya yang berjudul "Dear Kompasianer, I Love You Full" saking penasarannya, saya klik kemudian saya scroll layar ke bawah memastikan "full text" ternyata memang benar- benar  pintar menjiplak tulisan saya dari Kompasiana.com.

Kemudian saya langsung menulis di kolom tambahkan komentar, intinya saya kalau komplain terhadap media SiapGrak!com karena sudah berani -- beraninya menjiplak tulisan tersebut tanpa seijin saya. Saya garis bawahi, bahwa tulisan ini hanya saya tulis di Kompasiana.com tetapi tidak di media SiapGrak!com.

Sambil melanjutkan pencarian lagi, jangan -- jangan ada lagi tulisan saya yang dijiplak lagi, ternyata benar adanya. Tulisan saya yang berjudul "Membumikan Mainan Edukatif Tradisional Bagi Anak" ikut dijiplak juga. Kemudian saya masuk ke kolom tambahkan komentar saya ketikkan kata -- kata yang sama persis seperti diatas tadi.

Sambil saya membaca dan mengamati beberapa komentar teman -- teman Kompasianer, dalam kolom komentar tulisan Ruang Berbagi (Romo Bobby) ternyata banyak karya dari teman -- teman Kompasianer yang dijiplak SiapGrak!com, yang intinya kecewa dan berharap follow up dari Tim Kompasiana.

Selanjutnya yang lakukan adalah melaporkan apa yang saya terjadi pada diri saya kepada admin Kompasiana melalui email Kompasiana, dan sampai saat saya menulis tulisan ini belum ada jawaban dari admin Kompasiana. Karena masih penasaran dengan situs SiapGrak!com ini, saya mencoba berselancar lagi di media ini, dan anehnya tulisan Romo Bobby yang berjudul "Susah -- susah Nulis di Kompasiana Tapi Dijiplak Situs Nakal : Sakitnya Tuh Di sini" sudah dijiplak juga.

Dalam selancar saya tersebut, saya cek lagi tulisan saya yang sudah dijiplak dua- duanya, saya penasaran apakah ada tanggapan dari admin SiapGrak!com, setelah saya cek kembali di kolom tambahan komentar, komentar saya sudah dihapus oleh admin, bayangkan saja situs ini sepertinya tidak pernah berbuat salah dan dosa telah melakukan plagiat/menjiplak.

Lewat tulisan ini, saya menambahkan tulisan Romo Bobby sekedar mengulas apa yang sudah saya lakukan. Dan saya sarankan bagi semua anggota Kompasianer yang tulisannya sering masuk dalam tulisan Terpopuler dan Topik Pilihan dalam  dashboard Kompasina, silahkan berselancar ria di situs SiapGrak!com (SiapGrak.com). Mari Bergerak Bersama. Panjang Umur Perjuangan. Salam Sehat Selalu.

(JUNAEDI, S.E. -- Kompasianer Junior)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun