Mohon tunggu...
Jumari Haryadi Kohar
Jumari Haryadi Kohar Mohon Tunggu... Penulis, trainer, dan motivator

Jumari Haryadi atau biasa disebut J.Haryadi adalah seorang penulis, trainer kepenulisan, dan juga seorang motivator. Pria berdarah Kediri (Jawa Timur) dan Baturaja (Sumatera Selatan) ini memiliki hobi membaca, menulis, fotografi, dan traveling. Suami dari R.Yanty Heryanty ini memilih profesi sebagai penulis karena menulis adalah passion-nya. Bagi J.Haryadi, menulis sudah menyatu dalam jiwanya. Sehari saja tidak menulis, maka dirinya akan merasa ada sesuatu yang tidak lengkap. Oleh sebab itu pria berpostur tinggi 178 Cm ini akan selalu berusaha menulis setiap hari untuk memenuhi nutrisi jiwanya yang haus terhadap ilmu. Dunia menulis sudah dirintisnya secara profesional sejak 2007. Meskipun relatif belum lama, tetapi J.Haryadi sudah berhasil menerbitkan puluhan buku dan ratusan artikel buah karyanya. Selain itu, ayah empat anak ini pun sering membantu kliennya menulis buku, baik sebagai editor, co-writer, maupun sebagai ghostwriter. Jika Anda butuh jasa profesionalnya dihidang kepenulisan, bisa menghubunginya melalui HP/WA: 0852-1726-0169 No GoPay: +6285217260169

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Bunda Nur Latih Para Penyandang Disabilitas di Rumah Kreasi Cimahi

26 Juli 2020   14:13 Diperbarui: 28 Juli 2020   17:48 203 12 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bunda Nur Latih Para Penyandang Disabilitas di Rumah Kreasi Cimahi
Bunda Nur sedang memberikan pelatihan membuat face shield di Rumah Kreasi Cimahi (sumber: J.Haryadi)

Berbuat baik kepada siapa saja itu sangat dianjurkan oleh agama apapun. Perbuatan baik merupakan sebuah tuntutan hidup agar kita bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. 

Setidaknya itulah yang melandasi berdirinya Rumah Kreasi Cimahi yang digagas oleh Dra. Hj. Nur Libiana Ma'ruf atau biasa disapa dengan panggilan akrab "Bunda Nur".

"Sebetulnya berdirinya Rumah Kreasi ini berawal dari suatu keprihatinan. Saya melihat kondisi Kota Cimahi yang memiliki  keterbatasan sehingga tidak memungkinkan kita untuk mengembangkan hal-hal lain selain kreativitas. 

Akhirnya saya mencoba membuat rumah ini menjadi tempat orang berkreasi untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya, khususnya di bidang seni," ujar Bunda Nur dengan ramah, disela-sela kesibukannya mempersiapkan kegiatan Pelatihan Membuat Face Shield bagi para penyandang disabilitas.

Rumah Kreasi Cimahi yang digagas sejak 2007 dan  dibuka secara resmi pada 2009 ini, juga berkaitan dengan amanat dari almarhumah ibunya yang menginginkan rumah tersebut menjadi tempat belajar, mendidik orang yang tadinya tidak bisa, menjadi bisa. Intinya, mengajarkan orang lain menjadi lebih berdaya melalui pelatihan keterampilan non formal yang diselenggarakannya.  

Sudah banyak andil Rumah Kreasi Cimahi ini dalam memberdayakan masyarakat, khususnya bagi kalangan yang kurang mampu secara ekonomi. 

Kegiatan sosial yang dilakukan di antaranya pelatihan keterampilan di bidang menggambar, desain fashion, membatik, modivikasi teknis batik lukis, tata busana, cosplay, kriya perca kain dan sampah plastik, tata boga, dan sebagainya. 

Bahkan, Bunda Nur tak segan-segan ikut membantu memberi modal usaha kepada anak-anak binaanya. Ada juga yang dibantu disalurkan bekerja dengan menitipkan kepada para rekannya yang sudah menjadi pengusaha sukses.

Pelatihan Membuat Face Shield Ethnic bagi Penyandang Disabilitas

Sabtu, 25 Juli 2020 pagi, beberapa anggota Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Cimahi telah berkumpul. Mereka hadir atas undangan Bunda Nur untuk mengikuti Pelatihan Membuat Face Shield Ethnic secara gratis. Bahkan, Rumah Kreasi Cimahi juga memberikan uang transport  sebagai pengganti ongkos kepada peserta yang hadir. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x