Mohon tunggu...
Julita Hasanah
Julita Hasanah Mohon Tunggu... Masih Mahasiswa

A Long Life Learner

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Soto Ayu, Kemesraan Ayam dan Telur dalam Balutan Kuliner Kerakyatan di Kota Jember

7 Januari 2021   14:30 Diperbarui: 7 Januari 2021   20:46 315 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Soto Ayu, Kemesraan Ayam dan Telur dalam Balutan Kuliner Kerakyatan di Kota Jember
Semangkuk Soto Ayu (Dokpri)

“Asalnya dari mana Mbak, Kok bisa jauh-jauh merantau ke Jakarta?”

Pertanyaan di atas kerap kali membuka percakapan bersama orang yang baru kukenal. Sebagai warga Kota Jember yang merantau ke Jakarta, Aku cukup kesulitan untuk menjelaskan daerah asal kepada orang lain. Sebenarnya diri ini maklum, Jember sebagai kota “menengah” yang tidak tergolong kota besar tapi juga bukan kota yang kecil-kecil amat memang terdengar tidak familiar bagi sebagian besar warga kota metropolitan.

Awalnya Aku mencoba menjelaskan Kota Jember dilihat dari letaknya dengan Kota Surabaya, makanan khas hingga destinasi wisatanya. Bukan menuai pemahaman, yang bertanya justru tambah bingung karena merasa asing dengan penjelasanku. Hingga akhirnya Aku menemukan cara paling efektif untuk menjelaskan Kota kelahiran dengan menyebut beberapa artis kenamaan tanah air yang berasal dari Jember.

“Aku dari Jember Jawa Timur, itulo kota kelahiran Anang Hermansyah, Tiara Andini sama Dewi Persik”

Mendengar itu, mereka yang bertanya langsung mengangguk paham.

Ah... sayang sekali padahal Jember bukan hanya kota yang cukup handal melahirkan selebriti. Meskipun terkesan cukup emosional karena Jember merupakan kampung halaman, tapi banyak sekali hal tentang Jember yang wajib diketahui, diantaranya wisata Pantai Papuma yang begitu memesona, Jember Fashion Carnival (JFC) yang sudah mendunia hingga beragam kuliner legendaris yang kaya akan rasa.

Berbicara kuliner legendaris di Kota Jember, rasanya menarik jika Kita telisik lebih jauh, karena apapun yang berkaitan dengan perut memang harus dibahas tuntas. Setuju Kompasianer ?

Soto Ayu : Kuliner Legendaris Jember yang Merakyat 

Lokasi Soto Ayu (Dokpri)
Lokasi Soto Ayu (Dokpri)

Siapasih yang tidak kenal soto ? Hampir seluruh Masyarakat Indonesia mengidolakannya sebagai hidangan meja makan baik di rumah, warung hingga restoran hotel bintang lima. Nah, kebetulan Kota Jember memiliki salah satu kuliner legendaris soto terbaik yaitu Soto Ayu.

Berlokasi di Pasar Tanjung yang merupakan ikon Kota Jember tepatnya di Jalan Samanhudi, Soto Ayu memiliki kelezatan yang pantang diremehkan. Berdiri sejak tahun 1973, Soto Ayu merupakan kuliner legendaris yang buka pada malam hari dari pukul 18.00 hingga 02.00 dini hari. Berbeda dengan daerah lain yang bisanya menggunakan daging sapi, Soto di Kota Jember identik dengan daging ayam begitu pula dengan Soto Ayu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x