Mohon tunggu...
Juan Syamsul Huda
Juan Syamsul Huda Mohon Tunggu... Mahasiswa

Tengah menempuh studi S1 Ilmu Kelautan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa KKN Undip Membuat Hand Sanitizer Alami dan Ajak Masyarakat Mengonsumsi Ikan

13 Agustus 2020   15:50 Diperbarui: 13 Agustus 2020   15:46 16 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Membuat Hand Sanitizer Alami dan Ajak Masyarakat Mengonsumsi Ikan
Hand Sanitizer dari Kitosan |dokpri

Depok (13/8/2020), Pandemi covid 19 yang terjadi di Indonesia sangat berdampak di berbagai sektor, salah satunya adalah Pendidikan. Pembelajaran dan pelaksanaan kegiatan pendidikan dilakukan secara daring seperti kegiatan KKN Tim II Universitas Diponegoro yang diselenggarakan berbeda dari tahun sebelumnya yang mana KKN dilakukan secara mandiri dan daring sesuai daerah tempat tinggal Mahasiswa. 

Kegiatan KKN Undip ini tetap mengedepankan protokol Kesehatan dan berupaya membantu pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19.

Salah satu peserta KKN Undip yaitu Juan Syamsul H membuat program kerja yaitu pembuatan hand sanitizer berbahan dasar kitosan. Kitosan adalah bahan alternatif yang dapat digunakan sebagai pengganti alkohol dalam hand sanitizer, kitosan merupakan salah satu bahan hayati yang berasal dari sisa cangkang udang, kepiting, rajungan, atau hewan bercangkang dari laut lainnya (krustasea). 

Kitosan sudah banyak digunakan dalam bidang farmasi, seperti obat luka, antibakteri, antioksidan, antikanker, sebagai zat pengemulsi, dan pembentuk gel. Penggunaan hand sanitizer yang berbahan alkohol apabila digunakan secara terus menerus dapat membuat kulit menjadi kering dan mengalami iritasi.

Melakukan Sosialisasi Gerakan Makan Ikan Kepada Masyarakat | dokpri
Melakukan Sosialisasi Gerakan Makan Ikan Kepada Masyarakat | dokpri

Program kerja selanjutnya adalah melakukan sosialiasi gerakan makan ikan kepada masyarakat. Selain mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, masyarakat juga disarankan untuk menjaga daya tahan tubuh untuk mengurangi resiko terkena penyakit.

Makanan bergizi tinggi yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat adalah yang berbahan dasar ikan. Ikan mengandung protein, lemak, asam lemak, vitamin, dan berbagai macam mineral yang dibutuhkan oleh  tubuh. Sosialisasi ini dilakukan di lingkungan RT 02/RW 01 Cilangkap dengan cara membagikan brosur manfaat makan ikan kepada warga. 

Sejak pemerintah menerapkan kebijakan  “New  Normal  atau Normal Baru”, memungkinkan  bagi  masyarakat untuk berkegiatan diluar rumah agar lebih peduli lagi terhadap perlindungan diri atau hygiene perseorangan, diantaranya seperti masker dan hand sanitizer. 

Selain itu juga dari program kerja KKN gerakan makan ikan diharapkan tingkat konsumsi ikan di masyarakat menjadi meningkat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x