Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tips Menjadi Netizen yang Bijak dan Beretika

10 Juni 2021   17:50 Diperbarui: 10 Juni 2021   18:24 63 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Menjadi Netizen yang Bijak dan Beretika
Sumber: LobostudioHamburg/Pixabay

Tepat pada hari ini 10 Juni kita memperingati Hari Media Sosial. Tentu, kita perlu tahu tips untuk menjadi netizen yang bijak dan beretika. Tips tersebut akan berguna ketika kita menggunakan media sosial yang akhir-akhir ini banyak dihiasi hoaks dan kebencian. Berikut tips buat kita:

Pertama, kritis mengonsumsi informasi.

Tips pertama ini yaitu krisis mengonsumsi informasi sangatlah penting menjadi netizen yang bijak dan beretika. Kita ketahui bahwa banyak informasi di media sosial beredar. Ada yang terpercaya dan benar, tapi ada juga yang bohong atau hoaks.

Dalam hal ini, netizen harus bisa memilah mana informasi yang benar dan bisa dipercaya dan mana yang tidak. Caranya adalah gunakan gadget yang kita miliki untuk mencari berita tersebut dari sumber sebenarnya atau web berita yang kita baca.

Atau kita bisa menonton televisi untuk mendapatkan berita atau informasi terpercaya dan benar, setelah itu baru kita percaya informasi dan berhak mensharenya.

Jangan kita terlalu gegabah men-share sebelum melihat kebenarannya. Bisa jadi informasi yang beredar di media sosial sudah diedit sedemikian rupa sehingga kita percaya padahal hoaks. Sekali lagi, kritis dan kritis serta jangan malas mengkroscek sebuah informasi.

Kedua, jangan mengumbar kebencian.

Tips kedua yaitu jangan mengumbar kebencian. Caranya adalah jika kita mengomentari sebuah status maupun foto yang tidak kita sukai, maka berkomentarlah dengan kata-kata yang baik. Jangan membenci maupun menghina dan berkata kasar.

Jika tidak suka katakanlah dengan baik di media sosial agar orang lain juga bisa menirunya. Jika tidak suka kepada seseorang, maka jangan pernah caci maki dia dan jangan timbulkan kebencian di media sosial tersebut.

Ketiga, memposting sesuatu yang bermanfaat.

Tips ketiga yang sangat penting adalah memposting sesuatu yang bermanfaat. Di ruang terbuka seperti media sosial yang sangat digandrungi dan digunakan semua orang, penting kita untuk memposting sesuatu yang bermanfaat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN