Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Begini Cara Menggairahkan Anak Membaca Buku

25 April 2021   16:02 Diperbarui: 25 April 2021   16:27 53 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Begini Cara Menggairahkan Anak Membaca Buku
Sumber: ANTARA FOTO/FB Anggoro

Membaca buku merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi kita semua terutama bagi anak-anak. Oleh sebab itu, sejak dini anak-anak dilatih untuk mau membaca buku demi menunjang masa depannya kelak.

Menggairahkan semangat anak membaca buku merupakan suatu keharusan sebenarnya. Anak harus terus dilatih dan dilatih agar nantinya bisa menjadi anak pintar dan berguna bagi nusa dan bangsa.

Untuk menggairahkan semangat anak membaca tentu sangat sulit. Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk menggairahkan semangat membaca buku tersebut:

Pertama, memilih buku bacaan yang disukai anak.

Dalam hal ini untuk kepentingan anak tersebut, penting sekali memilih buku bacaan yang tepat untuknya. Dalam hal ini, anak-anak diberi kebebasan untuk membaca buku apapun sesuai selera dan minatnya asal bukan buku yang mengandung makna negatif.

Alangkah baiknya, untuk saat ini anak-anak diberi kebebasan untuk semakin kreatif dalam bertindak dan berkegiatan. Kita sangat mengharapkan sekali tumbuh kembang anak dimulai dari membaca buku.

Kedua, membaca buku bergambar

Biasanya, anak-anak itu suka buku-buku yang ada gambarnya. Dalam hal ini anak-anak tertarik membaca buku dengan aneka gambar dan tulisan-tulisan.

Gambar di buku itu sangat menarik hati anak untuk semakin rajin membaca. Oleh karena itu, orangtua jangan melarang anak untuk membaca buku yang ada gambarnya. Karena semangat membaca harusnya dimulai dari membebaskan anak untuk membaca buku yang disukainya.

Ketiga, ibu dan anak sama-sama membaca buku

Dalam hal ini, semangat membaca akan tumbuh ketika ibu dan anak-anak sama-sama membaca buku. Membaca buku dengan bersama-sama tentu lebih menarik dan menunjang semangat membaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN