Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Kalau Mudik Dilarang, Apakah akan Tetap Mudik atau Tidak?

10 April 2021   15:53 Diperbarui: 10 April 2021   16:04 99 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kalau Mudik Dilarang, Apakah akan Tetap Mudik atau Tidak?
Sumber: ilustrasi via detik.com

Pemerintah Indonesia telah melarang mudik saat Idul Fitri atau Lebaran 2021 pada 6 Mei hingga 17 Mei 2021. Namun ada wilayah yang dibolehkan mudik lokal yakni, Sumatera Utara meliputi Medan, Binjai, Deli Serdang dan Karo. DKI Jakarta meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Bandung Raya, Semarang: Kendal, Demak, Ungaran dan Purwodadi. Jogja Raya, Solo Raya, Gresik: Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan. Makassar: Sungguminasa, Takalar dan Maros.

Beberapa daerah ini diizinkan untuk mudik lokal, namun apakah dengan larangan mudik itu membuat kita akan tetap mudik atau tidak?. Dari hal itu, sangat mungkin akan ada yang tetap melaksanakan mudik.

Baru-baru ini, penulis melihat dari kabar televisi sudah ada masyarakat yang mudik terlebih dahulu. Itu menandakan bahwa masyarakat mencari celah bagaimana agar bisa mudik tahun ini, karena tahun kemarin tidak bisa mudik.

Tetapi, perlu juga diberi pemahaman bahwa daerah yang diperbolehkan untuk mudik lokal harus tetap melakukan protokol kesehatan secara ketat. 

Tetap pemudik lokal harus tetap pakai masker, menjaga jarak dan juga mencuci tangan pakai sabun. Larangan mudik tentu bukan serta merta kepentingan pemerintah semata tapi ada kepentingan masyarakat secara luas.

Jadi, meski dilarang untuk mudik maka kita tetap mematuhi aturan yang ada demi kebaikan bersama. Sudah saatnya kita ikut dalam melawan Pandemi Covid-19 yang masih belum selesai dari negeri ini.

Kalau memang tidak dalam hal memaksa, alangkah baiknya tidak mudik. Kalau tidak mudik bukan menjadi membuat kita berdosa, bersalah maupun dicap jelek. 

Larangan mudik adalah demi kebaikan dan keselamatan bersama. Kita juga sudah tahu bagaimana sudah setahun lebih kita berhadapan dengan Pandemi Covid-19. Penyuntikan vaksin Covid-19 pun masih beluk didapat seluruh masyarakat Indonesia karena ada tahapannya.

Oleh karena itu, meski sudah divaksin tapi tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat. Semoga setelah selesai seluruh masyarakat Indonesia divaksin maka saat itu kita terbebas dari pandemi Covid-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x