Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Kesaksian Habib Rizieq Shihab Saat Bentrok Laskar FPI dengan Polisi, Benarkah?

9 Desember 2020   21:59 Diperbarui: 9 Desember 2020   22:03 235 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kesaksian Habib Rizieq Shihab Saat Bentrok Laskar FPI dengan Polisi, Benarkah?
Sumber: CNN Indonesia/Safir Makki

Pasca bentrokan antara laskar FPI dengan kepolisian yang mengakibatkan enam pengikut Habib Rizieq meninggal dunia membuat Habib Rizieq Shihab memberi kesaksian

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dalam rekaman audio yang didapatkan CNN Indonesia.com, dan dikonfirmasi oleh Wakil Sekretaris Umum FPI Aziz Yanuar (19/12) menyatakan rombongannya tak mengetahui pihak yang melakukan pengejaran adalah aparat kepolisian.

"Paling mengejutkan bahwa tuduhan pengawal kami dipersenjatai adalah fitnah besar, bohong besar. Tidak ada satu pun pengawal kami yang dipesenjatai karena kami tidak pernah mengira, sekali lagi, kalau kami akan diperlakukan seperti itu. Itu pengawal keluarga standar biasa," kata Rizieq.

Benarkah?

Menjadi pertanyaan, benarkah yang disampaikan Habib Rizieq Shihab tersebut?. Sampai sekarang kita belum mengetahui secara jelas karena proses pengumpulan data dan fakta dari Komnas HAM belum dibeberkan atau dibuka ke publik. Cuma pihak kepolisian menyampaikan ada dari pengikut Habib Rizieq atau Laskar FPI yang menyerang kepolisian dengan memakai senjata api dan senjata tajam.

Dari kedua pernyataan dan kesaksian tersebut membuat kita bingung, siapa yang benar?. Sudah pasti opini publik akan semakin berkembang dan kita juga tak tahu apa sebenarnya terjadi. Kalau nanti tim pengumpul fakta dari Komnas HAM dibuka dari situ kebenaran akan lebih terungkap.

Diantara kedua pernyataan ini telah membuat kita bertanya-tanya kebenaran peristiwa itu. Sebab itulah, semoga saja fakta sebenarnya bisa terbuka. Siapa yang berbohong agar diberi sanksi juga agar nantinya tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Kita tak bisa membiarkan isu-isu seperti ini terus menarik perhatian publik untuk terus beropini. Saatnya kita membangun fakta yang jelas karena itulah bentuk edukasi yang baik untuk rakyat.

Kita akan menunggu pengungkapan atau investigasi lebih lanjut mengenai peristiwa ini. Secepat mungkin semua akan terungkap dan kita bisa mendapatkan informasi terpercaya.

Penegakan hukum terhadap kerumunan saat acara pernikahan anak Habib Rizieq Shihab harus juga terus berjalan sembari peristiwa penembakan enam pengikut Rizieq Shihab diungkap. Habib Rizieq yang juga telah dikirim surat pemeriksaan oleh kepolisian, semoga dapat memenuhi panggilan itu sebagai bentuk taat kepada hukum.

Jangan pula membuat pernyataan terkait penembakan enam pengikutnya dari sebuah audio suara tetapi proses pemeriksaan terhadap dirinya belum dipenuhi. Saatnya kita menghormati proses hukum yang berjalan.

VIDEO PILIHAN