Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Pantaskah Benny Wenda Diusir dari Ruang Sidang PBB?

28 September 2019   23:12 Diperbarui: 28 September 2019   23:34 490 9 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pantaskah Benny Wenda Diusir dari Ruang Sidang PBB?
Sumber: AFP/Handout United Liberation Movement for W

Sosok Benny Wenda ini memang lagi hangat-hangatnya dibicarakan di ruang publik. Sebagaimana pernah diungkapkan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjend Dedi Prasetyo kerusuhan yang terjadi di Papua tak lepas dari peran Benny Wenda.

Kali ini, beredar pula kabar dilansir dari mediaindonesia.com, 28/9/2019 bahwa tokoh separatis Papua, Benny Wenda dikabarkan tidak diizinkan masuk ke ruang Sidang Umum PBB. Benny mencoba masuk melalui delegasi Vanuatu namun karena pemberlakuan peraturan baru ia batal masuk ke dalam ruang persidangan.

Pantas bila Benny Wenda tidak boleh masuk karena dia bukan warganegara resmi dari negara peserta Sidang Umum PBB.

Lagipula, mendengar kabar buruk tentang Benny, sangat pantas bila yang ingin ikut dalam ruang sidang umum PBB haruslah individu dan negara yang menjunjung tinggi perdamaian. Terkait itu,  Benny Wenda tidak pantas karena sosok yang diduga dibalik kerusuhan Papua. 

Seharusnya dia menjadi jembatan perdamaian di kampungnya sendiri. Harusnya Benny sebagai saluran perdamaian memberikan informasi dan berkomunikasi baik dengan masyarakat Papua dan pemerintah.

Bukan menjadi ikut sebagai "dalang" dari kerusuhan. Sidang Umum PBB adalah sidang terhormat. Tujuan PBB berdiri adalah memelihara perdamaian dan keamanan dunia, mengembangkan hubungan persahabatan antarbangsa, mengembangkan kerjasama internasional dalam memecahkan masalah ekonomi, sosial, budaya dan lain sebagainya.

Tujuan dari PBB itupun harusnya dipenuhi para negara yang ikut dan individu yang diutus menghadiri Sidang Umum PBB tersebut. Kalau mendengar sosok Benny Wenda, maka yang tersirat adalah pernyataan dari kepolisian diatas. Dari situ saja, ia sudah tak pantas untuk ikut di Sidang Umum PBB. Ditambah ia adalah seorang warganegara Indonesia.

Kalau begitu, bagaimana pendapat teman sekalian melihat sosok Benny Wenda ini. Pantaskah dia ditolak ataupun diusir dari Sidang Umum PBB?. Kalau saya sudah jelas mengatakan bahwa sangat pantas dia ditolak di Sidang Umum PBB sesuai yang saya kemukakan diatas.

Dan, semoga pula terkait berita yang beredar mengenai Benny Wenda ini, pihak kepolisian dapat segera mengamankannya terkait dugaan dalang kerusuhan Papua yang disematkan pada dirinya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x