Mohon tunggu...
Yulius Sugiharto
Yulius Sugiharto Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Writer.

Gemar menulis. Hobi baca.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Trip ke Luar Negeri, Enak Nginap di Hotel, Hostel atau Airbnb?

9 April 2019   10:58 Diperbarui: 9 April 2019   12:01 209 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Zaman sekarang kalau mau jalan jalan ke luar negeri, pilihan penginapan sudah banyak ga kayak dulu yang   pilihannya   ya   banyak  orang umum tahu cuma hotel.Hostel sih sudah ada tapi karena ga begitu banyak infonya, orang tidak tahu atau tidak berani coba nginep di hostel. 

Nah di zaman era digital  seperti sekarang. pilihan nginap kalau di luar negeri lebih banyak karena banyak situs - situs/aplikasi nawarkan tidak   hanya hotel, tapi juga   hostel dan  juga penginapan Airbnb ( properti pribadi yang direntalkan oleh pemiliknya untuk umum lewat platform Airbnb ) 

Nah buat yang belum pernah tinggal di hostel atau penginapan Airbnb, apa bedanya dengan hotel ? 

Bedanya hostel dengan hotel adalah nginep di hostel itu bisa kita sesuaikan dengan budget kita, karena mereka biasanya ada pilihan   sewa   satu kamar atau cuma sewa 1 ranjang dimana dalam satu kamar isinya ada beberapa ranjang. 

Kalau kita budget cukup dan mau lebih privasi  ya   pilih   sewa    satu kamar, tapi kalau mentingin bisa masuk budget dan ga masalah sekamar ramai ramai dengan orang lain ya, pilih sewa 1 ranjang saja Buat yang sebelumnya biasa tinggal di hotel, tinggal di hostel model begini, kekurangannya ya terasa kurang nyaman karena sekamar ramai2x mirip asrama.,barang tidak selalu bisa disimpan di loker, jadi harus dijaga pas tidur, dan satu lagi ga enaknya tinggal di hostel model sekamar rame2x yaitu pas malam ga bisa buka lampu karena takut bangunin penginap lain.  

Kelebihannya tinggal di hostel model begini bagusnya biasanya faslilitas lebih banyak daripada hotel seperti ada ruang masak yang bebas dipakai, ada informasi lokasi wisata yang diberikan gratis, ada fasilitas internet umum, dan buat yang suka bersosialisasi, ada ruang makan bersama jadi ada kesempatan untuk kenal orang lain.

Satu lagi buat yang belum tahu atau belum pernah coba nginap di penginapan Airbnb, penginapan Airbnb itu adalah rumah yang disewakan oleh pemiliknya untuk umum via Airbnb. Kalo kita buka situs Airbnb, disana kita bisa milih berbagai macam penginapan sesuai budget dan selera kita.

Setelah dapat yang cocok,kita terus registrasi dan bayar seperti kalau kita daftar dan booking hostel via situs hostel. 

Beda tinggal di hostel dengan penginapan Airbnb ya biasanya dapat apa adanya ibarat nginep di rumah teman. Ga ( selalu ) dapat makan pagi, ga ada pelayanan housekeeping, bisa tidur serumah / tidak serumah dengan pemilik ( tergantung pemilik ), dan kondisi penginapan bisa bagus dan bersih banget, bisa juga kurang ( tergantung pemiliknya ) 

Kalau penginapannya kayak gitu, apa kelebihannya ? 

kelebihannya, biasanya penginapan Airbnb lebih banyak pilihan lokasi dan model penginapannya jadi buat yang suka coba hal baru atau pilihan lokasi ga umum, lebih seru nginep di penginapan Airbnb, dan bisa kenal dengan pemilik rumah pas kasih kunci, dan dari situ kita bisa tanya2x informasi yang ga biasa kita bisa dapat kalau nginap di hotel. Karena kayak ngobrol sama teman. Kalau tinggal di hotel kan kita kadang risih kalau mau tanya informasi yang terlalu banyak dan detail.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan