Mohon tunggu...
Ignatius Jovan Liem
Ignatius Jovan Liem Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - SMA Kanisius

Seorang siswa biasa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ko Ben: Ahli Mafia Indonesia, Pahlawan Siswa SMA

25 Mei 2024   19:35 Diperbarui: 25 Mei 2024   19:41 885
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mafia...Sungguh seram namanya. Apalagi bagi siswa SMA, mafia biasa dikatakan sebagai penghancur nilai. Yak, mafia di sini bukan merupakan mafia dalam artian seorang preman, tetapi mafia merupakan singkatan yang kerap digunakan di sekolah saya untuk merujuk pada mata pelajaran matematika, fisika, dan kimia.

Mata pelajaran tadi merupakan mata pelajaran yang sangat ditakuti banyak siswa di sekolah saya. Materinya rumit dengan konsep-konsep baru yang tak mudah dimengerti. Apalagi guru-guru mafia ini biasanya "galak". Banyak guru juga menjelaskan materi-materi mafia ini dengan terlalu cepat, dengan kecepatan yang tak dapat diikuti oleh manusia biasa sehingga banyak siswa kewalahan.

Lalu apa kaitannya dengan Ko Ben? Siapakah dia ini?

Ko Ben merupakan sosok pahlawan di sekolah saya, terutama bagi siswa MIPA. Dia merupakan seorang guru yang aktif membagikan video pembelajaran pelajaran matematika, fisika, kimia, dan bahkan beberapa materi akuntansi ke media youtube yang membuat videonya mudah diakses oleh siapa saja.

Saya mengenal channel Ko Ben sejak masih duduk di kelas 10. Saat itu, saya sedang diajarkan tentang materi dinamika partikel di bidang miring. Konsep bidang miring belum saya mengerti seluruhnya karena belum diajarkan oleh guru saya karena jam yang terbatas, tetapi materinya sudah akan masuk ke dalam PTS (penilaian tengah semester).


Saya bingung dan meminta diajari oleh beberapa teman saya. Salah seorang teman saya merekomendasikan untuk menonton video pembelajaran Ko Ben di channel youtubenya, yaitu BIG Course. Saya akhirnya mencoba menonton videonya dan ternyata... videonya sangat membantu. Dalam video pembelajarannya, Ko Ben menjelaskan materi dengan detail dan lambat, juga membagikan pertanyaan yang sering ditanyakan. Walau agak lambat, tetapi videonya masih jelas jika kecepatan video dinaikkan menjadi 1.5 kali. 

Awalnya video di channel BIG Course tersebut dapat diakses dengan gratis sepenuhnya. Kini, Ko Ben telah menerapkan sistem berlangganan untuk mengakses video pembelajarannya dengan nominal 10 ribu per bulan. Harga tersebut masih masuk akal menurut saya jika dibandingkan berbagai platform pembelajaran berbayar lainnya.

Hingga kini, saya masih sering menonton video pembelajaran dari Ko Ben. Saya juga mendapatkan nilai yang cukup baik, berkisar antara 90-100 pada mata pelajaran mafia, salah satunya karena ada video pembelajaran Ko Ben. Saya sangat merekomendasikan menonton video pembelajaran BIG Course kepada teman-teman SMA yang mengambil jurusan MIPA atau kurikulum merdeka pelajaran mafia tersebut dan merasa bingung dalam mengikuti pembelajaran di sekolah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun