Mohon tunggu...
Salmun Ndun
Salmun Ndun Mohon Tunggu... Guru - Guru UPTD SMP Negeri 1 Lobalain

Membaca itu sehat dan menulis itu hebat. Membaca adalah membawa dunia masuk dalam pikiran dan menulis adalah mengantar pikiran kepada dunia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Tradisi dan Euforia Merayakan Kelulusan Siswa SMA/SMK dengan Keunikannya

8 Mei 2024   04:47 Diperbarui: 12 Mei 2024   14:23 565
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
SMKN 1 Pengasih gelar pengumuman kelulusan dan wisuda pelajarnya dengan dengan adat Jawa. (KOMPAS.com/Dani J)

*Oleh Salmun Ndun,S.Pd., Guru UPTD SMP Negeri 1 Lobalain, Kab. Rote Ndao

Pengumuman kelulusan siswa jenjang SMA/SMK di Indonesia serempak dilakukan pada Senin, 6 Mei 2024. Pada pelaksanaan pengumumannya, ada sekolah yang melakukannya secara online dan ada pula yang melakukan tatap muka dengan mengundang kehadiran orangtua dan para siswa untuk mengikuti momen pengumuman tersebut. 

Beragam tradisi dan euforia yang mengiringi momen kelulusan merupakan hal yang sangat menarik. Dikatakan menarik karena dalam acara pengumuman itu, nuansa tradisi keanekaragaman budaya ditampilkan oleh para guru, orangtua dan siswa.

Pemaknaan terhadap Kelulusan

Pentingnya kelulusan dalam kehidupan siswa SMA/SMK sangatlah relevan mengingat momen ini menjadi tonggak penting dalam perjalanan pendidikan mereka. 

Keberhasilan dalam menyelesaikan pendidikan menengah atas bukan hanya tentang pencapaian akademis semata, tetapi juga merupakan tahapan baru melangkah untuk membentuk masa depan mereka.

Kelulusan menandai akhir dari sebuah babak dan awal dari babak yang baru dalam perjalanan hidup siswa. Kelulusan siswa SMA.SMK adalah awal dari tantangan baru, memasuki pendidikan di perguruan tinggi, memilih karir, hingga mengejar impian mereka. 

Selain itu, momen kelulusan juga menjadi penanda prestasi bagi siswa dan menjadi momen bersejarah yang akan dikenang sepanjang hayat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami dan menghargai makna yang terkandung di balik momen penting ini dalam kehidupan siswa SMA/SMK.

Di setiap komunitas sekolah memiliki cara tersendiri untuk merayakan momen penting ini. Dari upacara formal hingga perayaan yang meriah, tradisi kelulusan mencerminkan keanekaragaman budaya yang kaya. 

Beberapa sekolah mungkin memiliki ritual khusus seperti pelepasan balon, parade kelulusan, atau acara perpisahan yang diisi dengan tarian dan musik. Apapun bentuknya, euforia kelulusan terpancar dari wajah-wajah ceria siswa yang merayakan pencapaian mereka, didukung oleh kehangatan dan kebersamaan yang dirasakan di antara teman-teman, guru, dan keluarga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun