Mohon tunggu...
Bung Will
Bung Will Mohon Tunggu... Profilku

Mahasiswa - Universitas Tribuana - Kalabahi Alor, Tinggal di Fanating

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Desa Kafelulang, Butuh Pembangunan?

13 Oktober 2017   13:29 Diperbarui: 13 Oktober 2017   13:31 0 0 0 Mohon Tunggu...
Desa Kafelulang, Butuh Pembangunan?
Desa Kafelulang, Butuh Pembangunan?

Moru, Desa Kafelulang merupakan salah desa dari beberapa yang berada di Kecamatan Alor Barat Daya Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur yang terletak paling kurang 32 km dari Ibu Kota Kabupaten Alor (data google map) dengan menempuh perjalanan 1 setengah jam.

Desa ini juga merupakan salah satu dari sekian desa yang ada di kecamatan Abad yang masih mau dibilang tertinggal dalam pembangunan. Pembangunan Jalan, Listrik dan Penggadaan Air bersih merupakan kebutuhan-kebutuhan yang paling dibutuhkan masyarakat setempat.

Ketika kita memasuki wilayah ini kita akan di uji dengan jalan yang sangat parah bertanah merah, apalagi pada musim hujan. Kondisi ini membuat para pengguna jalan sering mengalami kecelakaan ringan bahkan berakibat fatal. Untuk mengatasi keadaan tersebut maka, Pemdes setempat baru saja mengecor bagian yang dilihat sangat parah, walaupun dengan campuran semen dan pasir namun setidaknya memberikan sedikit kelegahan bagi pengguna jalan. Hal ini merupakan tamparan bagi pemerintah karena mau dibilang ini merupakan jalan induk (sumbu) ke desa tersebut yang semestinya diaspal.

Mari tinggalkan kondisi jalan kita ke Air bersih. Air bersih juga masih merupakan kebutuhan paling penting. Masyarakat setempat menggunakan air ledeng (mata air) untuk kebutuhan makan minum, namun sangat jauh dari pemukiman. Sedangkan untuk kebutuhan mencuci dan pembangunan masyarakat setempat menggunakan air hujan.

Oke kita tinggalkan air bersih kita ke jaringan listrik. Listrik juga masih menjadi kebutuhan masyarakat setempat untuk menerangi malam masyarakat setempat menggunakan pelita. Sementara untuk kegiatan kegiatan mereka menggunakan diesel atau generator. Terkait dengan pelayanan masyarakat (cepat, lebih baik dan murah ) masih belum dirasakan masyarakat setempat. Masih banyak yang ingin ditulis tetapi cukup dulu. Kira kira menurut pembaca Desa ini butuh pembangunan?