Mohon tunggu...
Josephine
Josephine Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Program Studi Akuntansi, Universitas Katolik Parahyangan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi Sebagai Wujud Pengembangan Potensi Insani

4 Desember 2022   09:08 Diperbarui: 4 Desember 2022   09:15 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PROSES GELADI HOMINISASI UNPAR

Ada yang unik nih dari Universitas kebanggaan kita yakni UNPAR, pada kesempatan kali ini saya akan menyajikan paparan mengenai pengalaman saya dalam mengikuti Geladi Hominisasi yang baru saja diselenggarakan. Geladi ini hanya diselenggarakan di UNPAR loh, maka dari itu saya merasa beruntung menjadi UNPARIAN yang bisa mengikuti langsung kegiatan geladi ini.


Terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang saya laksanakan baik setelah maupun sesudah mengikuti geladi hominisasi ini, yang pertama akan kita bahas adalah mengenai "Tugas Pra Geladi" yang diberikan sebelum hari-H kegiatan Geladi Hominisasi tersebut berlangsung, tugas yang diberikan cukup menarik dan membuat penasaran, sebab kita diminta untuk mengidentifikasi lagu "Indonesia Raya" dengan 3 stanza lengkap, yang mana pada kehidupan sehari-hari biasanya kita hanya mendengarkan lagu Indonesia Raya dengan 1 stanza saja, hal ini sudah menjadi hal yang menarik karena tanpa kita sadari termyata lirik lagu indonesia raya dengan 3 stanza sangat menarik loh, untuk tugas mengenai lagu kebangsaan sendiri kita diminta untuk memilih 1 syair yang menarik dari lirik lagu tersebut dan kemudian berikan alasan mengapa syair tersebut menurut kita menarik.


Tugas pra geladi selanjutnya adalah kita juga diminta memilih salah satu dari beberapa film dokumenter yang telah disediakan oleh panitia acara geladi hominisasi dan mengaitkan video yang kita pilih dengan beberapa tema yang diberikan, untuk tugas yang satu ini saya memilih mengaitkan film dokumenter yang saya pilih dengan materi ketahanan pangan. Kedua tugas yang telah selesai tersebut kemmudian dikirimkan melalui link google form yang diberikan pada masing-masing mahasiswa yang telah mendaftar untuk geladi hominisasi. Tugas ini menjadi syarat untuk memperoleh link zoom meeting  untuk kegiatan pada hari-H (03 Desember 2022). Bisa terlihat langsung bahwa geladi hominisasi memang ditujukan hanya untuk orang-orang yang serius dan ingin mengikuti geladi ini, bukan semacam geladi yang bisa diikuti siapa saja dengan seenaknya tanpa ada rasa keikutsertaan yang tinggi. 


Selanjtunya, Geladi dilaksanakan secara online melalaui zoom meeting pada hari yang telah ditentukan, kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan juga Hymne UNPAR. Kami juga mendapat sambutan dari Romo Yohanes dan Pak Batu sebagai pemateri yang menyambut kami para mahasiswa/mahasiswi UNPAR, selain sambutan kami juga kembali diingatkan tentang SINDU yang sebelumnya telah diberikan pada saat mengikuti SIAP UNPAR 2022. Hal yang membekas di pikiran saya adalah mengenai Cinta Kasih dalam Kebenaran yang dipaparkan saat itu, selain itu sedikit dibahas juga mengenai "humanum" yang termasuk dalam semua unsur pribadi manusia, baik dari segi fisik, norma, sosial, akhlak, maupun berpikir secara rasional. Geladi ini juga didapatkan melalui mata kuliah umum di antaranya, logika; bahasa indonesia; dan kewarganegaraan.


Setelah sambutan dan materi awal telah diberikan, selanjutkan kami diarahkan ke Breakout Room dari masing-masing kelompok, yang telah diberikan sebelumnya melalui email setelah kita mengumpulkan tugas pra-geladi, dalam Breakout Room tersebut kita saling mengenal teman satu tim lintas jurusan dan membahas hal-hal singkat mengenai geladi ini, sekitar 15 menit waktu yang diberikan untuk mengenal teman satu tim. Berikutnya, kita dikembalikan ke  main room untuk mendapat materi dan menginterpretasikannya dengan teman satu tim kami. Tema yang kami dapat adalah mengenai Hari Guru dimana  harus diwujudkan dalam suatu bentuk presentasi singat berdurasi 4 menit, kami pun berusaha sebaik mungkin untuk bekerja sama dalam hal menyelesaikan tugas yang diberikan tersebut. Singkat cerita presentasi berjalan dengan baik, walaupun kami tidak lolos sebagai finalis, namun banyak hal-hal baru yang kami pelajari melalui rangkaian acara geladi ini.


Kegiatan penutupan Geladi Hominisasi diawali dengan berbagai materi-materi yang bermanfaat dan mendidik serta nantinya akan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, tidak berhenti sampai disitu saja, kami juga diberikan tugas pra-geladi dengan menuliskan atau membuat video tentang narasi mengenai Geladi Hominisasi yang dikumpulkan sebagi bukti dari keikutsertaan kami dalam geladi tersebut.


LOGIKA DAN BAHASA

Menurut saya, setelah mengikuti kegiatan geladi hominisasi ini, penggunaan bahasa dan logika dalam kehidupan sehri-hari terutama dalam konteks sebagai warga negara yang baik sangat diperlukan. Kita perlu bisa menuturkan bahasa dengan baik agar bisa berkomunikasi dengan orang banyak nantinya, selanjutnya penggunaan logika juga amat diperlukan karena apabila berbicara dan berkomunikasi tanpa logika, hal tersebut juga sama buruknya dengan tidak dapat berbahasa dengan baik. 


MANFAAT DAN KEMAMPUAN SETELAH MENGIKUTI GELADI HOMINISASI

Tentunya dari mengikuti kegiatan geladi ini saya mempelajari banyak hal dan tentunya akan sangat berguna untuk ke depannya, manfaat yang saya rasakan cukup beragam, dari bagaimana cara berkolaborasi dan berkomunikasi baik dengan teman satu tim, menyusun materi dari perencanaan sampai dengan pematangan materi lalu disajikan, kemudian pembagian tugas pada masing-masing anggota, lalu mempresentasikan materi dengan baik dan menarik, selain itu juga saya belajar banyak mengenai humanisasi, bagaimana memperlakukan orang lain, menghargai pendapat orang lain, dan berkomunikasi baik dengan akhlak yang seharusnya. 

Kemampuan yang saya rasakan meningkat setelah mengikuti geladi ini adalah kemampuan komunikasi saya sudah lebih meningkat, bagaimana cara mencairkan suasana ketika dipertemukan dengan teman baru, dan juga keammpuan untuk menganalisis serta menyajikan materi yang tak kalah pentingnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun