Mohon tunggu...
Jose Hasibuan
Jose Hasibuan Mohon Tunggu... Seorang abdi bangsa

Tertarik pada dunia pendidikan, matematika finansial, life style, kehidupan sosial dan budaya. Sesekali menyoroti soal pemerintahan. Penikmat kuliner dan jalan-jalan. Senang nonton badminton dan bola voli.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Mengintip Kondisi RS Darurat Wisma Atlet

29 Mei 2020   00:05 Diperbarui: 29 Mei 2020   18:34 1513 28 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengintip Kondisi RS Darurat Wisma Atlet
[Dokumen Pribadi]

Di awal terjadinya pandemi covid-19 di Indonesia, Pemerintah Pusat menyiapkan Wisma Atlet Kemayoran sebagai Rumah Sakit Darurat untuk membantu RS Rujukan yang telah ada sebelumnya dalam menangani pasien corona di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Sejak dioperasikan akhir maret lalu, RS Darurat Wisma Atlet telah menjadi RS Rujukan yang dapat menerima pasien corona dalam jumlah cukup besar dibandingkan RS Rujukan lainnya. 

Saat ini, tak kurang dari 700 pasien corona yang dirawat disana. Sudah ada lebih dari 2000 pasien yang telah dinyatakan sembuh setelah dirawat di RS Wisma Atlet dan telah kembali ke rumah.

Bagaimana wajah Wisma Atlet Kemayoran sebagai RS Darurat Penanganan Covid-19? 

Salah seorang kerabat yang dirawat disana berbagi cerita melalui foto-foto berikut.

[Dokumen Pribadi]
[Dokumen Pribadi]
Gambar di atas merupakan penampakan salah satu ruang yang terletak di lantai 1 yang dijadikan sebagai ruang registrasi dan informasi bagi pasien. 

Sebelum masuk ke kamar perawatan, pasien akan didata di tempat ini untuk selanjutnya ditentukan kamar yang menjadi ruang isolasi dan perawatan selama berada di Wisma Atlet.

Ruang ini adalah ruang transit sebelum masuk kamar isolasi setelah pasien diperiksa di IGD dan dinyatakan diterima sebagai pasien RS Darurat Wisma Atlet.

Di bagian ini, pasien diminta untuk melengkapi data-data pribadi serta mengisi semacam surat perjanjian akan mematuhi aturan perawatan di RS Wisma Atlet hingga batas waktu yang ditentukan.

RS Darurat Wisma Atlet pada dasarnya hanya memberikan pelayanan medis bagi pasien bergejala ringan. Sebagian besar pasien yang dirawat disana adalah orang-orang yang berusia muda.

Tindakan medis yang diberikan pada pasien yang dirawat RS Wisma Atlet meliputi tindakan pengambilan sample untuk Test Swab, Rongent Thorax, dan Pemeriksaan Jantung EKG.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x