Mohon tunggu...
Zahrotul Mujahidah
Zahrotul Mujahidah Mohon Tunggu... Guru - Jika ada orang yang merasa baik, biarlah aku merasa menjadi manusia yang sebaliknya, agar aku tak terlena dan bisa mawas diri atas keburukanku

Guru SDM Branjang (Juli 2005-April 2022), SDN Karanganom II (Mei 2022-sekarang) Blog: zahrotulmujahidah.blogspot.com, joraazzashifa.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Tahun Baru dan Ranking di Kompasiana

31 Desember 2019   19:46 Diperbarui: 31 Desember 2019   19:54 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Screenshot dalam ranking Kaleidoskop Kompasiana tahun 2019. Dokpri

Menikmati hari terakhir tahun 2019 ini patut disyukuri. Apapun yang terjadi selama setahun kemarin tentu diharapkan bisa menjadi pembelajaran ke depannya, agar hal negatif bisa berkurang. Sementara hal positif bisa dipertahankan atau malah lebih ditingkatkan. 

Butuh komitmen untuk menjalani hari-hari berikutnya di tahun 2020. Di tahun kabisat, di mana jumlah hari menjadi satu hari lebih banyak dibanding tahun-tahun lainnya. Dan itu akan dinikmati empat tahun kemudian.

Sebagai seorang yang memiliki hobi menulis, meski tulisan masih belum sempurna, saya berharap bisa memberikan persembahan tulisan yang lebih baik nantinya. Tentunya tulisan yang bermanfaat dan bisa memberikan inspirasi bagi diri sendiri maupun pembaca.

Selama kurang lebih setahun, setidaknya 687 tulisan yang saya publikasikan di Kompasiana. Tulisan yang saya posting kebanyakan berhubungan dunia pendidikan karena dunia itulah yang dekat dengan keseharian saya. Selain itu cerita anak, terutama fabel. 

Berikutnya, saya coba ikut nimbrung kanal puisi. Sebisanya saja. Dunia kuliner dan lingkungan pernah saya buat artikelnya juga.

Dari 687 artikel, 19 di antaranya menjadi headline. Angka yang tak banyak tapi saya sudah mensyukurinya. Tulisan yang sering saya nilai "aneh" tapi diganjar headline.

Setelah berusaha aktif di Kompasiana, tadi ada seorang sahabat Kompasianer yang membagikan informasi tentang ranking di Kompasiana di tahun 2019 ini. Rasa penasaran hinggap di hati juga. 

Dalam hati saya, ah begini rasanya jadi murid. Penasaran dan ingin tahu rankingnya. Pantas saja mereka dan orangtua selalu menanyakan ranking saat penyerahan hasil belajar ---rapor---.

Akhirnya saya membuka link Kaleidoskop Kompasiana ---saya anggap sebagai rapor--- yang dibagikan sahabat Kompasianer. Saya mengecek, ada angka 27 di sana. Alhamdulillah. Disyukuri segala yang saya capai. Yang jelas, ke depannya saya ingin menghasilkan tulisan atau artikel yang lebih baik.

Itulah yang saya utamakan ke depannya menghasilkan artikel yang kebermanfaatannya tinggi. Pada akhirnya, di penghujung tahun 2019 ini, saya ucapkan banyak terimakasih kepada Kompasiana dan segenap admin, Kompasianer yang sudi mengunjungi tulisan saya, dan para inspirator di grup Project Puisi Berbalas.

Selamat tahun baru, semoga semua diberikan kemudahan, kelancaran dalam karir dan menulis. 

Salam literasi dan salam hangat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun