Mohon tunggu...
Jonathan Kurniawan
Jonathan Kurniawan Mohon Tunggu... penulis lawas

penulis yang hanya iseng menulis

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

New Normal? Siapa Takut! Ini 5 Tips Menghadapi New Normal

24 November 2020   18:29 Diperbarui: 7 Desember 2020   12:49 49 0 0 Mohon Tunggu...

Pada tanggal 2 Maret 2020, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengumumkan pertama kalinya ada kasus Covid-19 di Indonesia. Berbagai kebijakan dikeluarkan oleh pemerintah, mulai dari pengimbauan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) hingga penutupan berbagai sektor ekonomi.

Setelah lebih dari delapan bulan, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan New Normal sebagai antisipasi resesi ekonomi. Kebijakan untuk "hidup berdampingan" dengan Covid-19 ini mengizinkan kamu kembali menjalani rutinitas seperti biasa dengan menerapkan protokol kesehatan, mulai dari bekerja hingga menggunakan transportasi umum.

Oleh karena itu, Berbagai hal harus kamu persiapkan dan perhatikan supaya tercipta rasa aman saat beraktivitas di luar rumah.

Berikut 5 tips untuk menghadapi New Normal:

  • Patuhi Protokol kesehatan

Kantor, pasar, dan fasilitas umum lainnya akan menerapkan protokol kesehatan terkait dengan Pandemi Covid-19; maka kamu harus mematuhi dan mengikuti protokol kesehatan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan lupa untuk mempersiapkan diri saat harus keluar rumah, seperti menggunakan masker, membawa sabun cair atau hand sanitizer, menjaga jarak minimal satu (1) meter, menerapkan etika batuk dan bersin, serta menghindari menyentuh bagian wajah (mata, telinga, mulut) tanpa mencuci tangan.

  • Sesuaikan diri

untuk menghadapi new normal, kamu harus menerima perubahan yang terjadi. Setelah menerima perubahan, kamu dapat menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.

Selanjutnya, kamu harus mulai menerima keadaan atau kondisi yang baru agar dapat meminimalisir perasaan negatif yang memicu ketidaknyamanan mental. Sikap ini bisa membuat kamu lebih percaya diri untuk memulai hari dengan kebiasaan baru.

  • Kurangi kegiatan kurang penting

Meskipun pusat perbelanjaan, sarana transportasi, dan berbagai tempat makan sudah dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan, kamu harus mulai mengurangi kegiatan di luar rumah yang tidak terlalu penting, mengingat pandemi Covid-19 belum selesai. Selain itu, dengan mengurangi kegiatan yang kurang penting, kamu berkontribusi dalam mengurangi penyebaran Covid-19, baik di dalam keluarga maupun masyarakat.

Jika harus pergi keluar karena keperluan yang mendesak, kamu perlu selalu mempersiapkan diri dengan menerapkan protokol kesehatan.

  • Tetap waspada, tetapi jangan berlebihan

Covid-19 memang masih ada, namun bukan berarti kamu harus bersikap berlebihan. Sikap berlebihan justru akan membuat kamu stres dan melemahkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Dengan demikian, risiko tertular Covid-19 akan semakin besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x