Mohon tunggu...
Johanis Malingkas
Johanis Malingkas Mohon Tunggu... Penulis - Penikmat kata

Menulis dengan optimis

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Evaluasi Diri Menulis: Bulan Mei Mempublis 70 Artikel

13 Juni 2019   18:33 Diperbarui: 13 Juni 2019   19:05 221
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
menulis (sumber:kumparan.com)

Menulis itu memang sudah menjadi bagian hidup saya keseharian. Mau bilang hobi, ya memang. Jadi, tiada hari tanpa menulis. Menulis dan menulis. Untuk mempersiapkan materi mengajar perlu aktivitas menulis. 

Muncul ide dan gagasan apapun yang salurkan tulisan itu lewat medsos. Punya akun facebook, menulis apa saja. Apalagi ada rumah besar seperti Kompasiana. Semakin gila saya menulis. Kenapa? Memang sudah jadi kebiasaan dan menyalurkan hobi atau kegemaran. Itulah sebabnya moto saya di K, menulis itu menggairahkan hidup. Membaca itu hobiku.

Kompasiana yang semakin mantap dan selalu berinovasi, semakin menggairahkan saya menulis disini. Motivasi saya menulis di K adalah belajar menulis artikel dengan baik. Ya, saya belajar menulis dari teman-teman kompasianer yang hebat, yang berpengalaman dalam memberikan motivasi menulis tulisan-tulisan yang bermanfaat bagi pembaca. 

Selain itu, di Kompasiana saya ingin mengeluarkan apa yang ada di isi kepala dan hati saya segala sesuatu yang pernah saya baca dan coba uraikan itu secara berangsur-angsur lewat tulisan pendek. Di Kompasiana inipun saya dapat mengenal teman-teman kompasianer di Indonesia maupun yang ada di luar negeri untuk berinteraksi.

Suatu kebiasaan saya yaitu membaca atau menyimak artikel teman-teman kompasianer dan juga artikel-artikel yang pernah saya publis di K. Ketika saya telusuri tulisan saya selama bulan Mei, ternyata ada 70 artikel yang terpublis dalam 31 hari.

Nah tulisan ini sekedar suatu evaluasi diri akan aktivitas penulisan saya di K.

Dari 70 tulisan ini berdasarkan kategori  yaitu  berturut turut humaniora 17, thr 17, gaya hidup 9, politik 7, ekonomi 7, kotak suara 3, sosbud 2, puisi 2, edukasi 2, wisata 1, teknologi 1 dan hiburan 1. Keterbacaan tertinggi 1150 dan terendah 6.  Rating atau vote tertinggi  33 dan terendah 2. 

Evaluasi dari hasil tulisan selama bulan Mei:

Pertama, dari segi kwantitas tulisan berarti saya menulis per hari 2 tulisan yang di publis. Ada sehari saya menulis 4 artikel dan 1 hari pada tanggal 4 Mei saya tidak menulis. Artikel saya didominasi kategori humaniora dan thr(sebenarnya thr ini 25 tulisan namun karena label nya saya tulis ekonomi dan humaniora, bukan samberthr sehingga jumlahnya cuma 17).

Kedua, dari tulisan ini saya hanya diganjar pilihan oleh admin dan belum diganjar masuk artikel populer dan utama. Hal ini berarti saya harus lebih belajar lagi bagaimana cara untuk menulis artikel yang memenuhi syarat masuk kategori itu. 

Ketiga, selama menulis sebulan penuh saya belum beruntung mendapatkan K-Reward. Ini memacu dan memotivasi saya agar dapat menemukan trik menulis yang lebih baik agar mendapatkan K Reward tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun